Categories: AmbonkuMaluku

Ambon Jadi Kota Pertama Hadirnya SPKLU Mobil Listrik di Maluku dan Malut

Share

AMBONKITA.COM,- Ambon menjadi kota pertama di Maluku dan Maluku Utara (Malut), hadirnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk Electric Vehicle (EV) Charging, khususnya mobil listrik.

SPKLU pertama yang akan segera diluncurkan PLN pada 17 Januari 2022 mendatang ini berlokasi di Jalan Sultan Hairun, Kota Ambon.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Malut (UIW MMU), Adams Yogasara, menyampaikan, progres pembangunan SPKLU kini telah selesai dan dapat segera digunakan oleh para pengguna mobil listrik di Kota Ambon.

“Alhamdulillah progres pembangunan SPKLU untuk EV Charging di Kota Ambon ini telah mencapai 100 persen dan akan segera diresmikan sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh para pengguna Mobil Listrik di Ambon,” ungkapnya.

Ia mengaku, dengan hadirnya SPKLU diharapkan dapat meningkatkan pengguna Mobil Listrik di Kota Ambon, sehingga dapat menambah penggunaan energi bersih dan lebih ramah lingkungan di ibukota provinsi Maluku ini.

Adapun SPKLU yang dihadirkan di Ambon adalah EV Charger jenis Fast Charging dengan daya 50 kilo watt (kW). Dengan menggunakan EV Charger ini, para pengguna mobil listrik dapat melakukan pengisian kendaraan listriknya hingga 100 persen selama 45 menit dari posisi 0 persen.

Pengisian melalui EV Charger di SPKLU memakan waktu lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan home charging atau pengisian daya di rumah yang dapat memakan waktu hingga 6 jam.

Sebelumnya, pada tahun 2021 lalu, PLN telah menghadirkan SPKLU untuk Motor Listrik di Ambon. Hadirnya SPKLU tersebut pun akhirnya berhasil menarik hadirnya Mobil Listrik di Kota Ambon.

“Kami pun langsung segera menyiapkan infrastruktur pendukung ekosistem mobil listrik untuk di Kota Ambon ini dan akhirnya kami hadirkan SPKLU yang bisa digunakan untuk Mobil Listrik yang kini sudah dapat kita temui di Kota Ambon,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024

Daftar di PDIP Ambon, Agus Ririmasse: Kiranya Saya Bisa Dapat Rekomendasi

AMBONKITA.COM,- Agus Ririmasse, bakal calon Wali Kota Ambon, resmi mendaftar di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan…

04/30/2024