Categories: Maluku

Basarnas Ambon Stop Pencarian, Penumpang KM Labobar yang Lompat ke Laut Dinyatakan Hilang

Share

AMBONKITA.COM,- Tujuh hari sudah, pencarian terhadap Elisa Rumbino, penumpang KM Labobar yang melompat ke laut tidak membuahkan hasil.

Pencarian terhadap pria 51 tahun itu kini telah dihentikan oleh Basarnas Ambon. Warga Manokowari, Papua Barat ini dinyatakan hilang.

Penghentian pencarian dilakukan setelah tim dari Pos SAR Namlea beserta unsur potensi SAR lainnya melanjutkan pencarian hari ketujuh pada Jumat (4/8/2023).

Sejak pagi, operasi SAR dilakukan meluas dari perairan yang menjadi lokasi pertama korban melompat yaitu di sekitar Desa Ubung, Kabupaten Buru, Maluku, Sabtu (29/7/2023) lalu.

“Hingga sore hari upaya pencarian korban dari SRU 1 menggunakan Rubber Boat sejuah 7 NM arah Barat laut tidak menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Begitu juga dengan SRU 2 yang melakukan penyisiran sejauh 6 KM di sepanjang pantai Desa Ubung dan Desa tetangga tak jua menemukan tanda-tanda keberadaan korban,” kata Kepala Basarnas Ambon M. Arif Anwar dalam keterangannya yang diterima AmbonKita.com, Sabtu (5/8/2023).

BACA JUGA: Penumpang KM Labobar yang Lompat ke Laut Belum Ditemukan, Kapal Sempat Putar Tiga Kali Lakukan Pencarian

Lantaran belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban, maka operasi SAR dihentikan setelah dilakukan koordinasi dan evaluasi bersama unsur potensi SAR lainnya.

“Operasi SAR resmi dihentikan dan ditutup. Seluruh unsur potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing,” ucapnya.

Untuk diketahui, korban saat melompat dari atas kapal tertangkap kamera ponsel penumpang lainnya pada Sabtu (29/7/2023) sekira pukul 12.45 WIT.

Belum diketahui penyebab sehingga Rumbino nekat melompat ke laut saat kapal PT Pelni itu hendak menuju Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku.

Korban melompat berselang 1 jam kapal akan bersandar di pelabuhan Namlea. KM Labobar sempat balik melakukan pencarian. Karena tak kunjung ditemukan setelah melakukan putaran 3 kali di lokasi kejadian, kapal kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Namlea.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024