Categories: MalukuPolitik

Benhur Watubun Diangkat sebagai Ketua DPRD Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Benhur G Watubun, akhirnya diangkat DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Ketua DPRD Provinsi Maluku. Ia menggantikan Lucky Wattimury yang dicopot pada beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun AmbonKita.com, menyebutkan, penetapan Benhur Watubun menggantikan Lucky Wattimury setelah melalui fit and proper test di kantor DPP PDIP, Jumat (28/10/2022) lalu.

Saat dipanggil DPP PDIP, Benhur Watubun tidak sendirian. DPP juga memanggil Samson R Attapary, dan Javed Djemy Pattiselano untuk mengikuti fit and proper test. Hingga akhirnya Watubun yang ditetapkan menggantikan Lucky Wattimury.

“Untuk jabatan ketua DPRD Maluku menggantikan pak Lucky itu sudah ditetapkan pak Benhur Watubun. Namun secara resmi nanti tanyakan saja ke pengurus DPD PDIP Maluku,” kata sumber AmbonKita.com, Minggu (30/10/2022).

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan resmi dari pengurus DPD PDIP provinsi Maluku.

BACA JUGA: Ketua DPRD Maluku Dicopot Megawati

Sebelumnya diberitakan, Lucky Wattimury, dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Maluku, dan bahkan Bendahara DPD PDIP Provinsi Maluku.

Belum diketahui pasti penyebab sehingga dua jabatan yang diemban Wattimury dicopot oleh Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum DPP PDIP.

Berdasarkan informasi yang diterima, jabatan Wattimury dilepas karena yang bersangkutan diduga terlibat dalam kasus penipuan dan penggelapan uang yang ditangani polisi.

Wakil Sekertaris DPD PDIP Provinsi Maluku, Jafry Taihuttu, membenarkan pencopotan tersebut. Namun dirinya masih enggan menyampaikan alasan pencopotan.

Menurutnya, pencopotan diketahui setelah SK DPP PDIP yang diteken Megawati dengan nomor 271 tanggal 11 Oktober 2022 tiba di DPD PDIP Maluku. Surat itu menekankan pembebasan Lucky Wattimury dari tugas sebagai Ketua DPRD dan Bendahara DPD PDIP Maluku.

“SK DPP tersebut telah dibacakan dan disampaikan secara resmi dalam rapat DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku,” kata Jafry, Senin malam (17/10/2022).

Jefry yang merupakan anggota DPRD Kota Ambon ini mengaku, saat pembacaan SK DPP, Ketua DPD PDIP Provinsi Maluku Murad Ismail berhalangan hadir. Sehingga nantinya akan ada rapat lanjutan terkait SK tersebut.

“Pak Ketua berhalangan hadir, nanti kita rapat lagi untuk membicarakan siapa yang mesti diusulkan ke DPP untuk menggantikan pak Lucky,” sebutnya.

Untuk posisi yang akan menggantikan Lucky, Jafry mengatakan semua anggota fraksi memiliki peluang. Sementara calon Bendahara bisa berasal dari kader partai, struktural, senior partai maupun di dalam fraksi.

“Intinya belum ada nama yang ditetapkan sebagai pengganti pak Lucky. Nanti bisa ada setelah rapat selanjutnya bersama pimpinan partai di Maluku, baru dilakukan penetapan guna diusulkan ke DPP,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024