Bentrok di Malra Sejumlah Rumah Warga dan Sekolah Terbakar

Share

AMBONKITA.COM,- Selain menelan korban luka, bentrok antar warga Ohoi Bombay dan Elat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Sabtu (12/11/2022), juga menyebabkan sejumlah rumah warga dan dua sekolah terbakar.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengaku belum diketahui pasti penyebab saling serang antara kedua kelompok bertikai.

“Tadi pagi itu ada warga masyarakat desa Bombay datang untuk memasang sasi di perbatasan. Kemudian didengar oleh warga desa elat dan terjadi konsentrasi massa, dan kemudian terjadi bentrok di sana,” kata Rum melalui telepon genggamnya.

Rum mengaku sebelumnya sudah ditempatkan sebanyak 2 SST personil pengamanan dari Samapta Polres dan Brimob, ditambah 1 SST dari Kodim setempat untuk menghalau massa dari kedua belah pihak.

“Namun karena jumlah massa yang ribuan orang kemudian ditambah dengan luas wilayah sehingga bentrokan di antara kedua belah pihak tidak terhindarkan,” kata Rum.

BACA JUGA: Lagi, Bentrok Pecah di Malra, Sejumlah Warga Terluka Panah Termasuk Anggota Polisi

Saling serang antar sekelompok warga tersebut menyebabkan sejumlah warga terluka, termasuk aparat keamanan dari anggota Polri.

“Akibat kejadian tersebut menyebabkan beberapa masyarakat dari kedua belah pihak terluka. Ada yang mengalami luka bacok, luka panah. Termasuk 2 anggota polri dari Brimob dan Polres. Mereka mengalami luka panah,” kata Rum.

Selain menimbulkan korban terluka, bentrok itu juga menyebabkan sejumlah rumah warga dan sekolah ikut terbakar.

“Selain korban terluka, juga ada beberapa bangunan seperti rumah terbakar, kemudian ada SMP, kemudian ada SMA juga terbakar,” jelasnya.

Sejak pagi tadi, tambah Rum, telah dikerahkan pasukan tambahan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Malra untuk mengamankan lokasi konflik.

“Pagi tadi pasukan tambahan dari Polres 2 SST dipimpin oleh Kapolres sudah tiba dan saat ini kita juga akan menambah pasukan lagi di sana,” ujarnya.

Rum mengaku situasi dan kondisi hingga saat ini aman terkendali. Pihaknya kini telah melakukan perkuatan personil untuk mengantisiapasi jangan sampai terjadi bentrokan susulan.

Polda Maluku menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terprovokasi. Kami minta masyarakat agar dapat mengendalikan diri masing-masing dan kembali ke rumah masing-masing,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024