BKSDA Jatim Serahkan Delapan Burung Endemik Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak delapan ekor burung endemik Maluku diserahkan oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur (Jatim).

“Penyerahan berlangsung kemarin di kompleks pergudangan Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon,” kata Seto, petugas hutan Balai KSDA Maluku kepada Ambonkita.com, Senin (14/11/2022).

Delapan ekor satwa dilindungi negara yang diserahkan, kata Seto, merupakan hasil kegiatan translokasi oleh Balai BKSDA Jatim.

“Sebanyak delapan ekor satwa liar jenis burung dengan rincian dua ekor Kakatua Koki (Cacatua galerita), dua ekor Kakatua Maluku (Cacatua moluccensis) dan empat ekor Kakatua Putih (Cacatua alba),” jelasnya.

BACA JUGA::BKSDA Maluku Amankan 41 Ekor Burung Dilindungi di Atas KM Tidar

Burung yang ditranslokasikan tersebut, tambah Seto, merupakan hasil penyerahan dari Lantamal V Surabaya. Burung asli Maluku ini diserahkan secara sukarela dari masyarakat yang berada di wilayah kerja SKW VI Probolinggo Balai BKSDA Jatim.

Menurutnya, sebelum ditranslokasikan ke Balai KSDA Maluku, delapan ekor satwa liar itu sudah dikarantina, direhabilitasi dan diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan di Kandang Karantina milik Balai BKSDA Jatim di Sidoarjo.

Saat ini, lanjut Seto, burung yang ditranslokasikan tersebut sedang diistirahatkan terlebih dahulu di Kandang Pusat Konservasi Satwa Kepulauan Maluku di Kota Ambon. Ini dilakukan untuk proses pemulihan fisik dan kesehatannya.

“Rencananya dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan pemeriksaan ulang kesehatan satwa oleh dokter hewan sebelum burung-burung tersebut dimasukan ke kandang karantina sebagai salah satu tahapan dalam proses persiapan pelepasliaran ke habitat aslinya,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024