Categories: Ambonku

BMPD Maluku Gelar Silaturahmi Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah

Share

AMBONKITA.COM,- Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Maluku, menggelar acara silaturahmi perayaan hari Idul Fitri 1443 Hijriah bersama dua komunitas insan perbankan beragama Islam dan Kristen.

Kegiatan yang dilakukan untuk mempererat kerukunan antar umat beragama pada insan perbankan di provinsi Maluku ini dilangsungkan di Santika Hotel, Kota Ambon, Jumat (27/5/2022).

Acara silaturahmi tersebut dibuka oleh Wakil Ketua BMPD Provinsi Maluku, Nursaman M. Sementara hikmah Silaturahmi disampaikan oleh Ustadz Hilman Fauzi.

Wakil Ketua BMPD Maluku, Nursaman M, dalam sambutannya mengaku acara halal bihalal yang dikemas dalam konsep silaturahmi Idul Fitri ini merupakan kegiatan rutin yang kerap dilaksanakan BMPD Maluku.

“Namun dua tahun terakhir kami tidak lakukan karena kondisi pandemi yang memberi halangan bagi kita untuk bertemu secara fisik, namun kali ini kita hadir di tempat ini dengan suasana yang sangat kekeluargaan dan masih dalam nuansa hari raya Idul Fitri. Kami mengucapkan Minal Aidin, mohon maaf, lahir dan batin,” ucapnya.

Halal bihalal, kata Nursaman, merupakan wadah atau tempat berkumpul, bersilaturahim, dan saling maaf memaafkan. Silaturahmi penting dilakukan setelah setahun saling berkompetisi dalam dunia perbankan.

“Saya yakin kalau kita harus datang satu-satu bersilaturahmi itu tidak cukup waktu, maka wadah ini kita jadikan tempat untuk saling bertemu, dan saya pikir kita di sini masih banyak yang tidak saling kenal, maka pada kesempatan ini waktu untuk kita saling mengenal,” pintanya.

“Meski di dunia perbankan kita adalah kompetitor tapi sebagai insan perbankan kita adalah saudara, sehingga pada kesempatan ini mari kita saling bersilaturahmi sehingga apa yang menjadi ganjalan-ganjalan selama pekerjaan, kita bisa saling memaafkan,” pintanya.

BACA JUGA: Hearing Teknis Penyelenggaraan Haji Bersama DPRD Maluku, Yamin: Seluruh Administrasi Jamaah Sudah Siap

BMPD Maluku Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1443 H/2022 di Ambon, Jumat malam (27/5/2022). (FOTO: Husen Toisuta)

Nursaman memberikan apresiasi kepada Majelis Taklim Al-Mulk karena dapat menghadirkan Ustadz Hilman Fauzi. Majelis Taklim Al-Mulk dari BMPD, kata dia, dibentuk kurang lebih 10 tahun yang lalu.

Majelis Taklim ini dibentuk dengan harapan kegiatan-kegiatan keagamaan dapat dilaksanakan terutama dalam meningkatkan kerohanian Islam.

“Meski di masa-masa pandemi, majelis taklim Al-Mulk masih tetap eksis dengan siaran-siaran langsung maupun siaran tunda yang Alhamdulillah majelis kali ini sudah memiliki perlengkapan yang sangat-sangat lengkap untuk melakukan siaran-siaran melalui YouTube maupun melalui Facebook,” pungkasnya.

Selain Majelis Taklim Al-Mulk untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan Islami, tetapi Nursaman juga mengaku BMPD Maluku juga membentuk Kairos untuk komunitas Kristen dapat melakukan kegiatan kerohanian Kristen.

“Dua tahun lalu saya kebetulan dipercaya sebagai koordinator untuk kerohanian kami juga membentuk untuk teman-teman Kristen namanya Kairos. Dan hari ini kami berkolaborasi, begitupula saat hari-hari besar umat Kristen,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Taklim Al-Mulk, Fadhly Khouw, menyampaikan marilah saling maaf memaafkan pada momen silaturahmi Idul Fitri 1443 H.

“Marilah kita saling maaf memaafkan, karena maaf memaafkan merupakan hal yang paling mulia,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024