Categories: Ambonkukesehatan

Covid Meningkat, Ambon Naik Level 2 Sekolah Tatap Muka Ditutup

Share

AMBONKITA.COM,– Penularan covid-19 di kota Ambon kembali meningkat. Mendagri menaikan status ke level 2. Kini, proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah ditutup sementara.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, mengatakan, dengan kondisi itu maka langkah pertama yang akan dilakukan yaitu dengan mengeluarkan Instruksi Wali kota Nomor 3 Tahun 2022.

Intruksi dikeluarkan untuk mengatur kembali seluruh mekanisme sosial di kota Ambon, sesuai dengan protokol kesehatan dan level yang ada.

“Mendagri telah menetapkan kita berada di level 2 lagi. Kemarin kita di level 1, sekarang berada pada level 2. Kemarin kita sempat zona hijau, sekarang kembali ke zona kuning,” kata Richard, Kamis (3/2/2022).

Berada pada zona kuning, Ambon kini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Olehnya itu, Richard mengaku akan kembali mengambil langkah-langkah sesuai dengan kualifikasi PPKM level 2. Di mana, bakal memberlakukan secara ketat aturan-aturan yang telah ditetapkan, seperti halnya level 2 sebelumnya.

“Misalnya untuk sekolah, ada 12 sekolah yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka. Tetapi dengan memperhatikan kondisi saat ini, maka kita akan tutup lagi sampai dengan Maret,” ungkapnya.

Penutupan sementara PTM, kata Richard, dilakukan berdasarkan ketentuan yang ada dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

“Kemarin sudah ambil sampel untuk sekolah itu baru 25 persen dari murid. Dari 2 ribuan lebih siswa, sudah ada 125 yang reaktif, kemudian PCR dan positif. Itu baru 25 persen, dari sample yang kita ambil. 75 persen murid tidak. kalau misalkan kita masuk lagi tanggal 16 dan 17 dibuka lagi dan kita mulai random lagi untuk yang 75 sisa lagi, kalau misalkan kena lagi, maka kita tutup lagi 2 minggu,” jelasnya.

Idealnya, lanjut Richard dengan memperhatikan perkiraan Menteri Kesehatan, puncak Omicron akan terjadi pada Februari dan Maret.

“Maka kita sepakat sekolah kita tutup Maret. Nanti April, kita evaluasi lagi. Kalau misalkan kondisi membaik, maka kita akan buka lagi untuk sekolah tatap muka,” sebutnya.

Kebijakan kedua, lanjut dia, yaitu untuk kegiatan di tempat umum. Ini juga akan diperlakukan ketat dengan 50 persen, sesuai dengan instruksi.

“Jadi misalkan cafe, restoran, akan di tinjau lagi jam operasinya dan diberlakukan sesuai aturan itu,” kata dia.

Menurutnya, berbagai langkah yang akan diambil untuk mengantisipasi perkembangan covid-19. Di mana, kenyataannya, kini kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dia menyebutkan sejak kasus covid-19 pertama pada 24 Januari hingga 2 Februari 2022, tercatat peningkatan mencapai 154 kasus. Kasus yang paling tinggi yaitu pada 1 Februari 2022 yakni kurang lebih 67 kasus.
“Jadi kesimpulannya penyebarannya sudah merata diseluruh kecamatan, walaupun memang tidak semua lingkungan kelurahan yang terdeteksi. Dari 154 kasus, paling banyak di kecamatan Sirimau dan secara khusus paling banyak di Batu Merah, 22 kasus. Selebihnya tersebar merata,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Maluku ini mengingatkan bahwa kondisi saat ini akan sangat berbahaya kalau tidak segera diantisipasi.

“Kita saat ini belum dapat memastikan varian apa yang tengah menyebar, tetapi dari indikasi cepatnya tingkat penyebaran, mungkin patut diduga ini bisa omicron, karena rata-rata dia terkait erat dengan pelaku perjalanan, lalu terkontaminasi dan sebagainya.
Bahkan yang meninggal sudah ada 2. Yang meninggal dan salah satunya pasien berusia 82 tahun,” ujarnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024