CPNS Pemkab Malra Ikut Latsar, Ini Pesan Gubernur Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) yang dilaksanakan di auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku di kota Ambon.

Latsar CPNS merupakan pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilaksanakan secara terintegrasi. Ini dilakukan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme maupun kebangsaan. Latsar juga dilakukan untuk membentuk karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, serta memperkuat profesionalisme maupun kompetensi bidang.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Samuel E. Huwae, meminta CPNS dapat memanfaatkan kegiatan Latsar dengan sebaik baiknya. Karena kegiatan ini merupakan pembekalan yang komprehensif agar seorang CPNS mempunyak skill, knowledge, dan attitude untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur negara sekaligus sebagai pelayan masyarakat.

BACA JUGA: Sembilan Anak di Geser Ditemukan Kurang Gizi

Dalam Latsar, kata dia, beberapa tahapan akan dilalui sebagai seorang CPNS. Yaitu pertama pembentukan karakter CPNS. Pada tahapan ini CPNS akan dibekali dengan mata pelatihan sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan kedudukan serta perannya untuk mendukung terwujudnya smart govarnance pada instansi masing-masing.

Kedua, yakni tahapan habituasi dalam proses aktualisasi di tempat tugas. Tahapan ini merupakan proses pembiasaan melaksanakan tugas jabatan sebagai PNS melalui implementasi kegiatan aktualisasi di tempat tugas.

Ketiga, yaitu tahapan evaluasi aktualiasasi. Ini merupakan tahapan evaluasi untuk menilai kemampuan para peserta dalam mengaktualisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di tempat tugas.

“Pada tahap ini juga akan menentukan lulus atau tidaknya seorang CPNS dalam mengikuti pelatihan dasar ini,” katanya.

Murad juga menegaskan tentang empat asas yang diharapkan dapat menjadi pilar utama untuk memastikan pengelolaan reformasi birokrasi yang dilakukan secara akuntabel dan terukur, disesuaikan dengan “demand based reform”. Sehingga hal ini dapat berperan dalam mewujudkan pemerintah berkelas dunia yakni perubahan mindset dan cultural set ASN, cote value ASN, akselerasi reformasi birokrasi dan momentum the new normal.

“Perwujudan birokrasi kelas dunia harus menjadi faktor determinan yang perlu bersama-sama kita akselerasi implementasinya guna mendukung Visi Indonesia Maju 2045,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024