Categories: DaerahkuMaluku

Cuaca Buruk Berpotensi Melanda Delapan Daerah di Maluku Selama Sepekan

Share

AMBONKITA.COM,- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon, mengeluarkan peringatan dini, potensi cuaca buruk yang akan melanda delapan daerah di provinsi Maluku selama sepekan ke depan.

Sejumlah daerah di Maluku yang berpotensi dilanda cuaca buruk yaitu Kota Ambon, Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, dan Maluku Barat Daya.

Di sejumlah daerah tersebut akan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir/kilat dan angin kencang selama sepekan ke depan atau sejak 8-15 Desember 2021.

Dengan kondisi tersebut, masyarakat dihimbau agar tetap waspada terjadinya banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang di daerah tersebut.

“Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada potensi cuaca buruk selama musim hujan, penurunan jarak pandang secara tiba-tiba, serta dampak bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang,” kata Ot Oral Sem Wilar, kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon dalam siaran persnya yang diterima AmbonKita.com, Rabu (8/12/2021).

Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya suplai uap air dari Samudera Pasifik Timur ke Samudera Pasifik Barat. Ini berpengaruh signifikan terhadap aktivasi potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia bagian timur.

Hasil analisis lainnya terdeteksi adanya gelombang Kelvin aktif di wilayah Maluku, menandakan adanya peningkatan aktivitas konveksi di atmosfer yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan-awan hujan.

Ada juga Angin Baratan masih dominan di wilayah Maluku, kemudian kondisi suhu permukaan laut yang cenderung menghangat khususnya di Kepulauan Kai, Kepulauan Aru, dan Kepulauan Tanimbar.

BMKG juga melihat adanya pertumbuhan awan hujan (comulonimbus) yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat masih berpotensi terjadi.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024