Demo Kenaikan Harga BBM di Ambon, Mahasiswa Saling Dorong hingga Bakar Ban

Share

AMBONKITA.COM,- Sejumlah mahasiswa yang terhimpun dari DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Maluku menggelar aksi demonstrasi di tiga lokasi di kota Ambon, Rabu (7/9/2022). Aksi berlangsung di gedung DPRD Maluku, Pos Kota dan kantor Gubernur Maluku.

Aksi unjuk rasa pertama kali dilangsungkan di kantor DPRD Maluku, kawasan Karang Panjang Ambon. Sejak pagi, para mahasiswa berorasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Aksi sempat memanas antara pengunjuk rasa dengan aparat kepolisian setelah saling dorong terjadi. Saling dorong terjadi setelah mahasiswa memaksa masuk untuk menduduki gedung wakil rakyat itu.

Mahasiswa tampak memaksa masuk di kantor DPRD Maluku yang dijaga aparat kepolisian, Rabu (7/9/2022). Saling dorong akhirnya tak dapat dielakan. (Foto: Husen Toisuta)

Meski tidak berujung ricuh, namun para mahasiswa mengaku kecewa. Anggota DPRD dinilai tidak mampu mengakomodir kepentingan rakyat, khususnya di Maluku.

Setelah menyampaikan tuntutan mereka di gedung DPRD, aksi demonstrasi kembali dilanjutkan di perempatan Pos Kota (Polsek Sirimau) siang tadi.

Aksi unjuk rasa diwarnai dengan pembakaran ban bekas di tengah perempatan jalan Ay.Patty, Sultan Hairun, dan Slamet Riyadi tersebut.

Meski tidak bertahan lama karena aparat kepolisian memadamkan api menggunakan Apar, namun para mahasiswa tetap berorasi hingga berjalan menuju kantor Gubernur Maluku.

Asap putih tampak terlihat setelah kobaran api pada ban bekas dipadamkan polisi menggunakan Apar. Kejadian itu mewarnai aksi demo di perempatan Pos Kota, kota Ambon, Rabu (7/9/2022). (Foto: Husen Toisuta)

“DPRD Maluku tidak berani untuk membawa kepentingan rakyat Maluku untuk menurunkan harga BBM,” teriak salah satu orator di depan Pos Kota.

BACA JUGA: Polda Maluku, Pemda, Ormas, OKP, dan Mahasiswa Bahas Dampak Kenaikan BBM

Orator lainnya menyebutkan Presiden Joko Widodo dalam mengambil kebijakan tidak berpihak dengan rakyat. Mereka bahkan menduga ada kongkalikong antara Pemerintah dengan SKK Migas.

“Mana Gubernur Maluku, selaku kader PDIP mana keberpihakanmu kepada masyarakat Maluku. Mari kita diskusi untuk mengkaji kenaikan BBM,” kata orator.

Menurut para mahasiswa, kenaikan harga BBM akan berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan. Harga transportasi akan naik, harga kebutuhan pokok juga akan meroket.

“Jokowi kami anggap telah gagal memimpin negara ini. Jangan sampai ada kongkalikong antara SKK Migas dengan pihak istana,” teriak para mahasiswa.

Dalam aksi itu DPD IMM menuntut 5 poin kepada Gubernur Maluku dan DPRD Maluku. Diantaranya:

1. DPD IMM Maluku meminta kepada pemerintah daerah provinsi Maluku dan DPRD provinsi Maluku untuk menghadirkan direksi Pertamina untuk menjelaskan kelangkaan minyak tanah dan pertalite di provinsi Maluku.

2. DPD IMM Maluku meminta kepada pemerintah daerah untuk dapat memanggil dinas Disperindag provinsi Maluku untuk menjaga kestabilan harga pangan di Provinsi Maluku.

3 DPD IMM Maluku meminta kepada pemerintah daerah Gubernur Maluku dan DPRD provinsi untuk mengambil kebijakan untuk mengatasi kenaikan harga BBM.

4. DPD IMM Maluku meminta kepada pemerintah daerah dan DPRD Provinsi Maluku untuk menurunkan operasional direksi dan komisaris Pertamina

5. DPD IMM Maluku meminta kepada pemerintah daerah dan DPRD Provinsi Maluku untuk menolak kenaikan harga BBM.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024