Categories: HeadlineNasional

Dewan Pers Gelar Penyegaran Ahli Pers di Bali

Share

AMBONKITA.COM,– Dewan Pers menggelar penyegaran ahli pers kepada sebanyak 17 ahli pers dari berbagai wilayah di Indonesia terutama wilayah Indonesia tengah dan timur pada Rabu- Jumat 31 Agustus hingga 2 September 2022, di salah satu hotel di kawasan wisata Kuta,  Bali.

Sebanyak 17 ahli pers Dewan Pers mengikuti penyegaran ahli, jumlah ini adalah sebagian kecil dari 100 ahli pers yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penyegaran ahli pers  kali ini dilakukan untuk kawasan timur dan tengah Indonesia, 13 ahli dari 14 daerah  diikutkan dalam kegiatan penyegaran kali ini yakni ahli pers dari Maluku, Papua, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Tengah  dan Bali.

Selebihnya adalah tim Pokja Hukum Dewan Pers yang merupakan para ahli senior untuk mendampingi para ahli daerah dalam penyegaran kali ini.

Untuk Maluku, ahli pers yang sudah disertifikasi Dewan Pers adalah Insany Syahbarwaty, praktisi media yang diangkat  sebagai ahli pers untuk Maluku sejak 2011.

Selanjutnya ahli pers di Sulawesi yang merupakan praktisi media senior yakni, Ruslan Sangadji dan Basri Marzuki  ahli pers untuk Sulawesi Tengah, Yosep Ikanubun ahli pers di Sulawesi Utara, Djufri Rachim  ahli pers untuk Sulawesi Tenggara, sedangkan untuk Sulawesi Selatan praktisi hukum Fajrianti Langgeng dari LBH Pers Makassar, dan Sulawesi Barat ada Sudirman Samual yang berhalangan hadir karena sakit.

Sementara untuk wilayah Bali, mantan praktisi media Ni Made Ras Amanda Gelgel yang kini  merupakan akademisi di Universitas Udayana.

Dari Jawa Timur ada praktisi media Abdi Purnomo,  dari Papua jurnalis senior yang merupakan pendiri Jubi, Viktor Mambor merupakan ahli pers untuk Papua.

Sedangkan dari Kalimantan ada M. Risanta dan Endro Surip Effendi. Juga dari Jawa Tengah ada praktisi media Indria Purnama Hadi.

Sedangkan sisanya empat ahli senior yang merupakan tim pokja hukum Dewan Pers, yakni Rustam Fachri, Winarto, Moebanoe  Moera, dan M Ridlo Elsy.

Ketua Dewan Pers, Professor Azyumardi Azra kepada peserta saat membuka acara simulasi, Kamis (1/9/2022) menyatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas ahli Dewan Pers serta melakukan pemetaan keahlian dalam tingkat pemeriksaan di kepolisian ataupun pengadilan.
“Penyegaran ahli ini patut dilakukan secara berkala mengingat banyaknya kasus pers yang disengketakan dari tingkat kepolisian hingga pengadilan,” katanya.
Rabu malam sebelum acara penyegaran dilaksanakan  kegiatan penyegaran diawali dengan paparan singkat dari Ketua Dewan Pers periode Tahun 2016-2019, Yosep Adi Prasetyo, Wakil Ketua Dewan Pers 2019-2022, Hendry Ch Bangun, dan anggota Dewan Pers 2016-2019, Imam Wahyudi serta anggota Dewan Pers saat ini Arif Zulkifli dengan diskusi panel tentang dasar-dasar kebebasan pers, pengalaman dan praktik beracara di pengadilan dan kepolisian, kupas tuntas contoh kasus BAP di kepolisian, dan pemberitaan melalui media sosial dan dimoderatori oleh Hendrayana, Direktur LPDS dan praktisi hukum.
Menurut Arif Zulkifli, penyegaran berupa simulasi peradilan semu yang digelar disalah satu hotel di Bali ini, dilakukan untuk menguji pemahaman ahli dalam pemberian keterangan ahli di tingkat pengadilan dengan berbagai contoh kasus yang disengketakan.
Wakil Ketua Dewan  Pers M. Agung Dharmajaya dan  anggota  Dewan Pers Ninik Rahayu juga ikut memantau proses berjalannya simulasi peradilan semu ini.
Ninik Rahayu yang merupakan doktor ilmu hukum memastikan simulasi semacam ini harus dilakukan secara profesional dengan proses yang ketat.
”Simulasi ini penting untuk memahamkan para ahli pers saat melaksanakan tugas memberi keterangan ahli pers sesuai tugas dari Dewan Pers, sehingga pneting untuk dilakukan secara profesional,” tegas Ninik saat menutup acara ini. (Hamdi)

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024