Categories: DaerahkuPolitik

Dialog Kebangsaan Jelang Pemilu 2024 di Seram Bagian Barat

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Resort Seram Bagian Barat (SBB) melaksanakan kegiatan dialog kebangsaan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Mengusung tema “Peran tokoh pemuda, tokoh agama, dan Ormas dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai di Kabupaten SBB” kegiatan ini dihelat di rumah dinas Kapolres SBB, Jumat malam (15/12/2023).

Ketua MUI Kabupaten SBB, H. Saumil Nurlette, mengungkapkan rasa syukur atas kebersamaan yang diselenggarakan oleh Kapolres SBB. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung Operasi Mantap Brata Polres SBB untuk kesiapan Pemilu 2024.

Nurlette memberikan apresiasi kepada Kapolres SBB beserta jajaran. Ia juga mengingatkan, menghimbau dan mengajak semua pihak untuk menjaga serta merawat kebersamaan guna terwujud kerukunan dan persaudaraan di Bumi Saka Mese Nusa itu.

Saumil Nurlette juga menyoroti pentingnya moderasi beragama sebagai kunci toleransi dan kerukunan di Kabupaten SBB.

“Moderasi beragama menurut Kementerian Agama memiliki 4 indikator, yaitu komitmen kebersamaan, anti kekerasan, akomodasi terhadap kebudayaan lokal, dan toleransi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Nurlette mengucapkan selamat merayakan Natal 25 Desember 2023 bagi basudara (saudara) Kristiani semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati.

Ketua Klasis Kairatu, Pendeta H. Rutumalessy, mengucapkan syukur dan berterima kasih atas ucapan selamat Natal dari Ketua MUI Kabupaten SBB dengan hati yang penuh sukacita. Ia mengajak semua pihak untuk berdoa agar kehidupan dari hari-kehari penuh dengan damai.

“Kami umat Kristen sementara dalam perayaan minggu-minggu adventus dengan suasana membangun iman kepada Tuhan dengan menyambut Natal penuh suka cita dan membangun kehidupan bersama yang damai dengan sesama manusia, sebagaimana basudara muslim menjelang hari Raya Idul Fitri harus menjalani puasa,” katanya.

Rutumalessy juga mengungkapkan rasa syukurnya dan berterima kasih karena Kapolres SBB sebagai seorang hamba yang Tuhan percayakan melayani sebagai pimpinan di Polres SBB dan menjadi alat untuk mempertemukan para tokoh agama.

“Dengan dukungan doa semoga proses kegiatan malam ini berdampak besar bagi kerja-kerja bersama kita,” harapnya.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Aman, Kapolres SBB Gelar Latihan Simulasi Sispamkota

Ia berharap kegiatan malam ini menjadi pengingat bahwa sesunggunya kita berikrar supaya besok dan seterusnya, bukan saja Pemilu 2024 tapi hidup bersama sebagai anak bangsa dan anak negeri Saka Mese Nusa menjadi hidup yang berdamai.

“Sebagai perwakilan klasis, malam ini, kami berjanji untuk menjaga kedamaian menjelang Pemilu Tahun 2024, bukan saja di gereja dan masjid tetapi disemua bilik kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Hadir pula Ketua AMGPM Kairatu yang juga menjadi kekuatan anak muda GPM di wilayah Kairatu, sehingga bersama angkatan muda Ketua Klasis Kairatu menjamin kedamaian dan ketentraman sepanjang Pemilu di daerah ini.

“Semoga Natal tahun ini menjadi sukacita kita bersama bagi kami umat Kristiani tetapi juga menjadi jalinan silatuhrahmi bersama dengan basudara kami yang beragama muslim yang ada di SBB, Indonesia dan di dunia, Kita berdoa bersama bukan hanya Indonesia yang damai tetapi dunia menjadi damai ketika kita ada dalam situasi-situasi yang cinta damai,” tutupnya.

Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, mengapresiasi kehadiran dan peran aktif tokoh agama dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Ia pun mengungkapkan rasa syukur karena malam ini walaupun hujan deras, seyogyanya Polres SBB yang akan mengadakan kegiatan kebersamaan dengan tokoh-tokoh agama di lapangan Polres, namun karena cuaca sehingga dialihkan di Kediaman Dinas Kapolres.

Kapolres meyakini dan percaya ketika tokoh-tokoh agama bersatu, ketika umat Muslim dan Kristen bersatu, maka wilayah SBB akan aman dan damai.

Kapolres meminta Kabag Ops untuk merencanakan kegiatan ini, bermula saat dirinya mengikuti kegiatan di Jakarta dan melihat berita kejadian konflik antar ormas agama di Bitung, “saya langsung teringat daerah Kabupaten SBB jangan sampai terjadi di sana,” ucapnya.

Ia pun menghubungi Pejabat Utama Polres SBB, untuk segera diantisipasi secepatnya dengan mendatangi tokoh-tokoh agama agar meredam isu provokasi dan memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat melalui video rekaman.

Kapolres yakin dan percaya bahwa dengan peran tokoh-tokoh agama, masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu provokasi yang berkembang. Kemudian Kapolres berinisiatif untuk berkumpul dengan tokoh-tokoh agama yang bertujuan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan damai terutama menjelang Natal, Tahun Baru dan Pemilu Tahun 2024.

“Saya memohon bantuan kepada tokoh-tokoh agama karena merupakan sesepuh maupun orang tua saya, yang harus memberi nasehat kepada kami, karena tanpa dukungan dari tokoh agama dan tokoh pemuda kami tidak ada apa-apanya,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak melalui doa maupun hubungan, karena hal ini merupakan semangat baginya, sehingga sampai situasi kamtibmas di SBB hingga kini dalam keadaan aman dan kondusif.

Kapolres Dennie juga mengajak semua pihak agar berpikir jauh ke depan dan tidak ketinggalan dengan kondisi seperti ini saja.
Beberapa waktu lalu dirinya menggelar sejumlah kegiatan dan menginginkan kegiatan yang berimbang antara Muslim dan Kristen seperti Tabligh Akbar dan SBB Bermazmur maupun kegiatan keagamaan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan untuk terus digelorakan sehingga menjadi tempat berkumpul untuk berdoa kepada Tuhan sebagai wujud kecintaan dalam menjaga wilayah ini.

Ia berharap setelah acara ini bukan hanya sampai dengan selesai Pemilu Tahun 2024 namun kedamaian tetap terjaga selamanya di Bumi Saka Mese Nusa, “kita sama-sama saling menjaga, menghormati, toleransi dan anti kekerasan agar kita dapat menikmati kedamaian untuk meraih kesejahteraan,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024