Categories: HeadlinePolitik

DPRD Maluku Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur ke Mendagri

Share

AMBONKITA.COM-DPRD Provinsi Maluku segera mengusulkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri untuk menjadi Penjabat Gubernur Maluku, menyusul berakhirnya masa jabatan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, 31 Desember 2023.

DPRD Maluku sudah tiga nama calon Penjabat Gubernur Maluku setelah melalui pemilihan lewat voting pada Rabu (29/11/2023).

Tiga nama calon itu terpilih dari lima nama pendaftar yang mendaftar ke panitia penjaringan (panja) penjaringan calon Penjabat Gubernur Maluku.

Tiga ususlan nama itu bakal disetor ke Menteri Dalam Negeri paling lambat pada 6 Desember 2023.

Sesuai target, penetapan tiga nama usulan itu dikerjakan dengan batas 30 November. Hasil tiga nama calon itu diperoleh melalui rapat paripurna pada Rabu pukul 14.00 WIT hingga berakhir sekitar pukul 17.00 WIT.

Tiga usulan nama calon Pj Gubernur tersebut antara lain Prof. DR. Zainal Abidin Rahawarin, Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel dan yang ketiga adalah Drs H Jufri Rahman.

“Kami percaya ketiga nama ini adalah figur-figur terbaik yang akan diusulkan ke Mendagri paling lambat tanggal 6 Desember 2023,” sebut Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur G Watubun yang memimpin rapat paripurna.

Proses penetapan tiga nama usulan dilakukan memakai sistem voting atau pemungutan suara oleh anggota DPRD Maluku.

Mereka yang totalnya ada 45 orang yang masing-masing dapat memilih tiga nama dari lima nama pendaftar.

“Jadi DPRD dapat mengusulkan 1, 2 atau 3 nama namun Mendagri wajib mengusulkan 3 nama calon Pj Gubernur Maluku,” pungkasnya.

Adapun, saksi-saksi yang menyaksikan pemilihan ini juga diambil dari kalangan Anggota DPRD Maluku sendiri yakni dari Fraksi PPP, Rovik Akbar Afifudin, Fraksi PDIP, Tina Tetelepta, dan dari Fraksi PKS, Turaya Samal.

Dikatakan, pengusulan nama-nama calon Penjabat Gubernur Maluku oleh DPRD Provinsi Maluku ini sudah tepat dan sesuai dengan Permendagri No 4 Tahun 2023.

Penulis : Editor

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024