Categories: Ambonku

334 Anakkan Pohon Mahoni Ditanam di Kawasan Lanud Pattimura Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Astra Financial dan PT Federal International Finance (FIFGROUP), berkolaborasi dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura Ambon, menggelar kegiatan penghijauan. Mereka menanam sebanyak 334 anakkan pohon endemik jenis mahoni di kawasan Lanud Pattimura Ambon.

Selain penghijauan, kolaborasi yang dilakukan juga berupa bakti kesehatan seperti peduli stunting. Mereka memberikan makanan sehat dan vitamin terhadap 50 orang anak stunting maupun 50 ibu hamil.

Bantuan kepada rumah ibadah juga diberikan oleh perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan tersebut. Seperti penyerahan 334 sak semen kepada masjid Nurul Huda, maupun bantuan sarana ibadah bagi Gereja Katedral Santo Fransiskus Xaverius.

Sejumlah kegiatan tersebut juga dirangkai dengan hari Bakti TNI AU ke-76 yang dilaksanakan di aula prajurit Lanud Pattimura Ambon, Rabu (12/7/2023).

“Bakti sosial yang saat ini kita laksanakan merupakan wujud dari bakti TNI Angkatan Udara ke 76 tahun untuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Astra dalam hal ini FIFGROUP,” ungkap Komandan Lanud Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea.

Kolaborasi kegiatan pemberian makanan sehat kepada anak stunting, dan ibu hamil bertujuan untuk menekan atau menurunkan angka stunting di Maluku.

“Penanaman pohon di sekitar Lanud juga dilakukan untuk memulihkan dan melindungi ekosistem darat sehingga berkelanjutan. Kami juga melaksanakan kegiatan donor darah, dan pemberian vitamin C,” sebut dia.

Penanganan stunting merupakan bentuk perhatian khusus dari Pemerintah baik tingkat pusat hingga daerah. Tujuannya untuk meningkatkan asupan gizi anak sehingga akan membentuk generasi emas pada tahun 2045.

“Lanud Pattimura mendukung kegiatan apapun khususnya yang menyentuh masyarakat, dalam hal ini program Pemerintahan Pak Jokowi yaitu penurunan angka stunting. Oleh karena itu, hari ini kita berkolaborasi dengan FIFGROUP dan juga didukung oleh Pemerintah Kota Ambon dan juga dari BKKBN Provinsi Maluku, melakukan giat peduli stunting dan ibu hamil,” ungkapnya.

BACA JUGA: Pohon Tumbang yang Tutup Ruas Jalan Menuju Bandara Pattimura Ambon Terbuka, Warga Diminta Hati-hati

Di tempat yang sama, Director in Charge Astra Financial, Suparno Djasmin, mengatakan, sesuai cita-cita Astra, yaitu Sejahtera Bersama Bangsa, selain menjalankan bisnis di bidang Jasa Keuangan, Astra Financial juga melakukan 4 program Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan 4 pilar. Yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Program ini dilakukan oleh unit bisnis seperti FIFGROUP serta perusahaan lain yang tergabung dalam Astra Financial.

“Pada hari ini kita melakukan dua kegiatan yang berkolaborasi dengan Lanud Pattimura Ambon. Yang pertama yaitu FIFGROUP peduli stunting dan ibu hamil yang termasuk di dalam pilar FIFGROUP sehat yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Suparno dalam sambutannya.

Kegiatan lainnya, kata Suparno yang kedua, yaitu tanam pohon. Kegiatan ini termasuk dalam pilar FIFGROUP Lestari, yaitu program penghijauan. Hal ini sejalan dengan perayaan hari ulang tahun ke-34 FIFGROUP.

“Kami akan menanam 34.000 pohon sepanjang tahun 2023 di seluruh Indonesia. Dan di Ambon sendiri kita akan tanam sebanyak 334 bibit pohon endemik yaitu pohon mahoni,” ujarnya.

Komitmen FIFGROUP dengan mengadakan kegiatan peduli stunting di Ambon telah dimulai sejak 25 Februari 2022 lalu. Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Christina Marta Tiahahu dan Kenanga Timanau. “Saat itu terdapat 10 anak kurang gizi yang telah dibantu secara berkesinambungan dalam tiga tahapan,” ungkapnya.

Sebagai perusahaan yang tahun ini genap berusia 34 tahun, FIFGROUP terus berupaya untuk menjadi pemimpin industri yang dikagumi secara nasional. Ini sesuai visinya untuk hadir membangun Indonesia, melalui berbagai inisiasi dan inisiatif keberlanjutan.

“Berbagai inisiasi dan inisiatif keberlanjutan ditujukan untuk dapat membawa dampak dan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” tambah Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, saat memberikan sambutan.

Mewakili Wali Kota Ambon, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy, mengaku, pemerintah terus mendukung dan mendorong kegiatan stunting agar angka prevalensi terus menurun di Kota Ambon.

“Atas nama pemerintah kota Ambon kami menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini karena dia langsung menyentuh pada masyarakat yang tidak mampu,” katanya.

Terpisah, Kepala Cabang FIFGROUP Ambon, Suranto, menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas terselenggaranya keseluruhan rangkaian kegiatan tersebut. Ia berharap seluruh program keberlanjutan yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Ambon.

“Semoga semangat kolaborasi hari ini juga akan terus terjalin bahkan makin baik di hari-hari ke depan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menjadikan kegiatan hari ini berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024