Categories: AmbonkuHeadline

Gubernur Maluku Pimpin Konvoi Kendaraan Listrik Menuju Pantai Liang, GM PLN: Kendaraan Ramah Lingkungan

Share

AMBONKITA.COM,- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU), menggelar konvoi kendaraan listrik menuju Pantai Liang, Sabtu pagi (16/9/2023). Konvoi dipimpin Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Kegiatan yang mengusung tema Electric Vehicle Baronda Ambon ini, dilepas dari monumen gong perdamaian dunia, kota Ambon, sekira pukul 07.00 WIT.

Gubernur Maluku yang didampingi istri Widya Murad Ismail, tampak mengendarai mobil listrik Ioniq 5 dengan nomor polisi DE 500 PI.

GM PT PLN UIW-MMU, Awat Tuhuloula, Kasdam XVI/Pattimura, Sekda Maluku, Sekot Ambon, dan pejabat lainnya terlihat juga menghadiri kegiatan yang dilepas sejak pukul 07.00 WIT ini.

“Kami menyampaikan terima kasih yang luar biasa kepada Bapak Gubernur Maluku serta para pejabat yang telah hadir pada kegiatan ini,” kata GM PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, dalam sambutannya di Pantai Liang Ambon.

BACA JUGA: HPN, PLN Diskon Tambah Daya Listrik hingga Rp 202.300

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai komitmen PLN untuk mendorong ekosistem kendaraan bermotor berbasis listrik.

“Kegiatan ini dilakukan secara nasional dan dilakukan juga secara wilayah di Provinsi Maluku dan Maluku Utara,” kata Awat.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga sebagai representasi Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2009 tentang percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. Pemerintah menugaskan PLN untuk melakukan sosialisasi dan membuktikan bahwa program ini harus dilaksanakan.

“Perlu kami sampaikan juga program ini juga untuk menuju net zero emissions menuju tahun 2060,” tambahnya.

PLN mengharapkan dukungan dari pemerintah provinsi Maluku, Maluku Utara dan stakeholder lainnya. Sehingga penggunaan kendaraan listrik ini bisa berjalan dengan aman dan lancar, sehingga tujuan pada tahun 2060 bisa direalisasi.

“Kegiatan ini berkaitan dengan program PLN dalam menggencarkan penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan mendukung green energy. Dengan adanya kegiatan konvoi ini juga akan mempercepat peningkatan komunitas kendaraan listrik di Maluku maupun Maluku Utara yang melek akan penggunaan kendaraan bebas emisi,” harap Awat.

Di tempat yang sama, Gubernur Maluku, Murad Ismail memberikan apresiasi kepada PLN UIW MMU yang telah menggelar kegiatan ini untuk mendukung upaya pengurangan polusi udara dan perubahan iklim di Provinsi Maluku.

Touring ini, tambah Murad, juga dilaksanakan untuk mengkampanyekan penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat.

“Saya minta kepada peserta touring agar dapat menceritakan pengalaman menggunakan kendaraan listrik, apa manfaatnya, keuntungannya, dan bagaimana melestarikannya, sehingga menarik dukungan dari masyarakat untuk lebih menggunakan kendaraan listrik,” pintanya.

Murad mengaku Pemerintah daerah provinsi Maluku mendukung sepenuhnya PLN dalam menghadirkan kendaraan listrik di Provinsi Maluku sebagai bentuk perhatian terhadap lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, sehingga kelestarian alam lebih terjaga.

“Saya berharap PLN dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menghadirkan pelayanan kelistrikan bagi masyarakat terutama penggunaan emisi ramah lingkungan di wilayah Maluku,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024