Gubernur Murad Lepas 51 Kafilah MTQ Nasional Maluku Menuju Banjarmasin

Share

AMBONKITA.COM,- Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke XXIX Provinsi Maluku, dilepas oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Sebanyak 51 kontingen Maluku itu dilepas menuju lokasi pelaksanaan MTQ Nasional  di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. MTQ digelar pada 12-18 Oktober 2022.

Pelepasan puluhan peserta MTQ ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Gubernur Murad kepada Ketua LPTQ Maluku, Muhamat Marasabessy. Kegiatan itu berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, kota Ambon, Jumat (7/9/2022).

Murad mengatakan kegiatan MTQ sangat penting. Selain sebagai sarana meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT, juga dapat mendorong semangat generasi muda dalam memahami, menghayati serta mengamalkan isi kandungan Alquran.

Murad mengingatkan, Alquran merupakan wahyu Allah yang diturunkan ke bumi. Alquran diturunkan bukan sekedar untuk dibaca, namun diharapkan mampu mempelajari, memahami, dan mengamalkan isi kandungannya dalam sikap dan perbuatan sehari-hari. Jadikan Alquran sebagai keutamaan hidup yang mampu membimbing, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Kepada para peserta, momentum ini merupakan sebuah kesempatan untuk meningkatkan dan mengembangkan pemahaman dan pengamalan nilai–nilai Alquran yang berdasarkan pada kaidah keislaman,” kata dia.

BACA JUGA: Rakor Reforma Agraria, Gubernur Maluku Harap Persoalan Sengketa Lahan Dapat Diselesaikan

Para peserta, kata Murad, sudah mengikuti pembinaan dan pelatihan dengan baik. Sehingga dirinya berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaiknya.

“Saya berharap apa yang telah anak-anakku peroleh selama latihan hendaknya dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya pada pelaksanaan MTQ nanti,” pintanya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini juga meminta para peserta agar dapat memperhatikan kesehatan. Makan dan minum yang cukup dan teratur. Selalu menyiapkan waktu untuk beristirahat.

“Ikuti jadwal yang telah ditentukan oleh pembina atau pelatih, dan yang terpenting adalah jangan pernah lupa mendasari seluruh upaya dan jerih juang kalian dalam doa dan kepasrahan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Besar niscaya kita akan meraih yang terbaik,” ungkap dia.

Murad meminta para peserta agar dapat berlomba dengan penuh semangat dan sportifitas. Tetaplah menjaga persatuan dan kesatuan, baik antara sesama peserta asal daerah Maluku maupun dengan daerah lain. Karena yang hadir pada MTQ nasional nanti adalah mereka yang datang dari berbagai daerah dengan latar belakang budaya dan adat istiadat yang berbeda–beda.

“Kepada para pelatih dan pembina maupun instansi terkait yang telah memberikan perhatian serius untuk pengembangan dan pemahaman nilai-nilai Alquran, saya pun menyampaikan terima kasih yang tak terhingga,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan pelepasan kafilah MTQ Nasional XXIX di Banjarmasin, yakni Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Pj Sekda Maluku Sadali Ie, Wakil Ketua DPRD Maluku Azis Sangkala, Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Ketua LPTQ Maluku Muhamat Marasabessy, sejumlah pimpinan OPD beserta tokoh-tokoh agama.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024