Categories: Hukum Kriminal

Iri Hati Karyawan PT. HTI-WWI di Buru Nekat Habisi Nyawa Teman Kerja

Share

AMBONKITA.COM,- Roy Marten Larune alias Roy, nekat menghabisi nyawa teman kerjanya sendiri, Ambeoyodi P. Watimury. Pria 31 tahun ini diduga melakukan pembunuhan karena merasa iri hati dengan korban.

Pelaku dan korban merupakan karyawan PT. Hutan Tanaman Industri (HTI) Wainibe Wood Industri (WWI) yang berada di Desa Parbulu, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Maluku. Keduanya bahkan menghuni kamar atau camp karyawan secara bersama.

Kasus pembunuhan itu terungkap setelah mayat lelaki berusia 39 tahun tersebut ditemukan dengan kondisi mengenaskan di dalam kamarnya pada Rabu (10/5/2023).

“Berdasarkan laporan masyarakat bahwa ditemukan mayat yang berada di dalam kamar karyawan camp PT. HTI WWI pada hari Rabu, tanggal 10 Mei 2023 sekira pukul 11.00 WIT,” kata PS Kasisub Penmas Humas Polres Pulau Buru, Aipda. M.Y.S. Djamaludin kepada AmbonKita.com, Minggu (14/5/2023).

Setelah jenazah sopir truk perusahaan ini ditemukan, tim gabungan dari Satuan Reskrim Polres Pulau Buru dan Polsek Waeapo, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada Kamis (11/5/2023).

“Olah TKP kami lakukan pukul 10.00 WIT yang dipimpin langsung oleh PS Kasat Reskrim Polres Pulau Buru, Iptu Aditya Bambang Sundawa,” kata Djamaludin.

BACA JUGA: Listrik Padam, KPU Maluku Periksa Dokumen Pengajuan Bacaleg Gunakan Senter HP

Usai olah TKP, penyelidikan pun dimulai dengan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang merupakan karyawan setempat.

“Dari hasil identifikasi, keterangan para saksi tersebut tim pun berhasil mendapatkan barang bukti yang ada pada TKP dan tim pun mencurigai teman kamar korban yaitu Roy,” jelasnya.

Setelah mencurigai Roy, tim kemudian melakukan interogasi terhadap yang bersangkutan. Usut punya usut, Roy akhirnya mengakui kalau dirinya pelaku yang membunuh korban.

“Jadi pelaku ini melakukan pembunuhan dengan cara menekan leher korban menggunakan bar sensor besi dan bantal yang berada di kamar korban sehingga korban meninggal dunia,” ungkapnya.

Berdasarkan pengakuan pelaku, peristiwa naas itu dilakukan karena merasa iri terhadap teman sekamarnya tersebut. Pasalnya, korban sering diperhatikan bos dibandinga dirinya. Padahal, pelaku merupakan karyawan lama.

“Pembunuhan terhadap korban dengan motif karena faktor terduga pelaku iri dengan korban,” katanya.

Setelah pelaku mengakui perbuatannya, tim kemudian menggelandangnya bersama barang bukti menuju Markas Polsek Waeapo. Usai menjalani pemeriksaan, pelaku kembali dibawa menuju Markas Polres Pulau Buru untuk ditahan.

“Pelaku saat ini telah dijerat dengan tindak pidana “kejahatan terhadap jiwa orang” sebagaimana dimaksud dalam rumusan Primer Pasal 340 KUHPidana, Subsider Pasal 338 KUHPidana,” tambahnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024