Categories: Ambonku

Kafilah MTQ Kota Ambon Dilepas ke Tanimbar

Share

AMBONKITA.COM,- Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, melepas Kafilah Kota Ambon yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Maluku ke-29.

MTQ tingkat provinsi Maluku tahun ini akan berlangsung sejak tanggal 17 – 24 Maret 2022 di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Kontingen MTQ Kota Ambon dipimpin Sekretaris Kota (Sekot), Agus Ririmasse. Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera LPTQ dari Wakil wali kota kepada Sekot di Balai Kota Ambon, Senin (14/3/2022).

Syarif dalam sambutannnya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Ambon. LPTQ telah mensukseskan pelaksanaan MTQ tingkat kota Ambon beberapa waktu lalu. Endingnya adalah telah menghasilkan para juara yang akan mewakili kota Ambon pada lomba tingkat provinsi.

“MTQ tingkat Kota Ambon yang diselenggarakan tahun 2021 lalu, menghasilkan predikat juara 1, 2, dan 3, maupun juara harapan 1, 2, dan 3. Ini merupakan aset dan potensi yang dimiliki Kota Ambon dan seluruh masyarakat,” katanya.

Dalam persiapan menuju MTQ provinsi, Syarif mengaku, kafilah Kota Ambon perlu dukungan dalam hal pembinaan dan pelatihan, agar dapat mengembangkan bakat serta talenta yang dimiliki.

“Tidak semata-mata berlatih membaca Alquran saja akan tetapi sebagai jalan untuk mengedukasi umat islam agar semakin mencintai dan membumikan Alquran, yang sangat penting untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat,” sebutnya.

Menurut Syarif, pelaksanaan MTQ tingkat provinsi Maluku tahun ini di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, Tanimbar mayoritas beragama katolik dan kristen protestan. Sementara hanya 4 persen beragama islam.

“Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat luar biasa, sehingga kegiatan yang berlangsung di sana menunjukan tingkat toleransi yang tinggi sebagaimana di kota Ambon, bahkan lebih dari kota Ambon. Hal ini menjadi spirit kita untuk berlomba mengibarkan panji kota Ambon agar pulang membawa hasil yang memuaskan,” harapnya.

Mantan Ketua DPW PPP Maluku ini berharap, kafilah kota Ambon dapat bersungguh – sungguh dalam mengikuti perlombaan, sehingga target pencapaian dapat diraih dengan menampilkan yang terbaik dari seluruh potensi dan talenta yang dimiliki.

“Jauh dari pada itu dengan semangat yang tinggi, kita ciptakan kompetisi yang sehat, dan dalam berkompetisi kita selalu ada dalam suasana keakraban dan persaudaraan,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua LPTQ kota Ambon, Syarif Bakri Asyathry, dalam laporannya mengaku seluruh kafilah telah mempersiapkan diri baik secara mental, fisik, maupun kesiapan lainnya untuk mengikuti dan memenangkan lomba.

“Kami mengharapkan doa dari seluruh masyarakat kota Ambon bagi kafilah, apalagi MTQ kali ini menjadi reputasi pertama dari Sekot sebagai ketua kafilah. Di mana kita yakini dengan barokah-Nya Ambon akan menjadi juara,” pungkas dia.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024