Categories: Opini

“KALESANG DIRI” INSPIRASI PEREMPUAN BERDAYA DI MALUKU

Share

(Spesial Hari Ibu, 22 Desember 2021)

Penulis : Ns. Christy N M Hitijahubessy, M.Kep., Sp.Kep.Mat (Dosen Poltekkes Kemenkes Maluku)

AMBONKITA.COM,-Kalesang Diri adalah sapaan orang Maluku untuk istilah “Self care” yang merupakan salah satu bentuk kepedulian seorang perempuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraannya sebagai bentuk pemberdayaan perempuan dari sudut pandang kesehatan.

World Health Organisation (WHO) mendefinisikan  self care  sebagai  bentuk  kemampuan individu, keluarga dan masyarakat  untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, serta mengatasi penyakit dan disabilitas dengan atau tanpa dukungan tenaga kesehatan penyedia perawatan.

Ruang lingkupnya meliputi promosi kesehatan; pencegahan penyakit dan kontrol; pengobatan sendiri; memberikan perawatan kepada orang yang tidak mampu melakukannya secara mandiri; mencari rumah sakit/spesialis/perawatan primer jika diperlukan; dan rehabilitasi.

Self Care atau “Kalesang Diri” bukanlah istilah atau konsep baru, perawatan diri memiliki potensi untuk meningkatkan pilihan serta kesempatan bagi perempuan untuk membuat keputusan yang tepat tentang kesehatan dan perawatannya.

Keterbatasan  fasilitas layanan kesehatan baik infrastruktur maupun layanan medis di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan Maluku serta Kota Ambon secara khusus sebagai akibat  pandemi covid-19, mengharapkan perempuan berdaya mampu memainkan peran “Kalesang diri” untuk meningkatkan kualitas hidup khususnya kesehatan reproduksi.

Beberapa rekomendasi WHO untuk perawatan diri khusus kesehatan reproduksi perempuan meliputi peningkatan perawatan kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir, memelihara lingkungan, pertimbangan ekonomi, implementasi untuk kelompok rentan, dukungan perawatan diri bagi perempuan, praktik penggunaan digital selfcare (WHO consolidated guideline on self-care interventions for health: SRHR, 2019)

Perempuan adalah individu yang mulia/terhormat karena memiliki kodrat berbeda dengan laki-laki. Kodrat perempuan yaitu mendapat Haid, Hamil, Melahirkan, Menyusui hingga Menopouse.

Kodrat ini mengharuskan perempuan lebih peka untuk  kalesang diri atau merawat dirinya sendiri melalui kenali organ reproduksinya, peka terhadap gejala-gejala yang mengindikasikan adanya kelainan, lakukan pencegahan, lakukan deteksi dini serta tindak lanjut pengobatan.

Kelainan pada organ reproduksi perempuan yang sering ditemui seperti infeksi, alergi, kelainan hormonal, tumur atau kanker sampai dengan kerusakan organ reproduksi.

Adapun gejala yang timbul yang mengindikasikan kelainan-kelainan tersebut seperti keputihan dalam jumlah yang banyak, berbau, gatal dan iritasi, kemerahan dan terasa perih disekitar area kelamin, perdarahan diluar waktu haid, tidak haid, benjolan.

Kondisi ini dapat disebabkan karena kurangnya kepedulian perempuan menjaga kebersihan diri khusus organ reproduksinya, meningkatnya  pH vagina, aktivitas seksual diusia muda, perilaku sex yang tidak sehat serta menderita penyakit-penyakit tertentu.

Deteksi dini  merupakan salah satu bentuk Kalesang diri perempuan terhadap permasalahan-permasalahan kesehatan reproduksi perempuan. Deteksi dini yang dilakukan seperti skreening Infeksi Menular seksual, HIV AIDS , pemerikasaan IVA, Papsmear, SADARI/SADARNIS.

Kalesang diri  perempuan mulai dilakukan sejak dini, terutama bagi perempuan yang telah aktif melakukan hubungan seks.

Kalesang diri dapat dilakukan setiap saat melalui konsultasi dengan petugas, kunjungi  layanan kesehatan yang terdekat untuk dilakukan skreening kesehatan perempuan.

KALESANG DIRI  WUJUD PEREMPUAN BERDAYA DI MALUKU…TABEA!!! (*)

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024