Categories: DaerahkuMaluku

Kampus ULS Diresmikan, Gubernur Harap Cetak SDM Terlibat dalam Pengoperasian Blok Masela

Share

AMBONKITA.COM,- Gubernur Maluku, Murad Ismail, berharap Universitas Lelemuku Saumlaki (ULS) mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sehingga dapat mengambil bagian dalam pengoperasian kilang gas abadai blok Masela.

Harapan itu disampaikan saat Gubernur Murad meresmikan ULS yang dihelat di Gedung Kesenian, Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Kamis (14/7/2022).

Peresmian ditandai penekanan sirene dan penandatangan prasasti oleh Murad, didampingi istrinya Widya Pratiwi Murad Ismail, Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie, Penjabat Bupati KKT, Daniel Indey, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XII provinsi Maluku-Maluku Utara, J. Lekatompessy, Rektor UNS, Ferly A. Sairmaly dan Ketua Yayasan Rumpun Lelemuku, Polikarpus Lalamafu.

“Atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku, saya menyambut gembira dan memberikan apresiasi yang tinggi atas peresmian serta pelantikan Rektor Universitas Lelemuku Saumlaki di saat ini, yang tentunya akan menjadi momentum strategis dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kabupaten Kepulauan Tanimbar,” harap Murad.

Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini menginginkan agar ke depan kampus ULS menjadi pusat pembinaan pendidikan tinggi yang akan mengakomodir keinginan, kebutuhan, dan kepentingan generasi muda, serta mampu mencetak SDM berkualitas.

“Apalagi menjelang pengoperasian kilang abadi Blok Masela, sehingga masyarakat di Tanimbar khususnya dan Maluku akan turut terlibat dan menjadi bagian dalam proyek strategis nasional tersebut, serta tidak menjadi penonton di tanah sendiri, sehingga kebutuhan SDM berkualitas menjadi sebuah tuntutan,” pintanya.

Murad mengatakan, pendidikan merupakan pondasi dan jembatan emas menuju masa depan gemilang. Tanpa pendidikan yang bermutu dan unggul, kita tidak akan mampu bersaing di pentas global yang semakin maju maupun kompetitif saat ini.

Pemda Maluku, lanjut dia, terus mendorong upaya-upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, hingga perguruan tinggi. Dorongan tersebut dilakukan dalam upaya mengembangkan kualitas pribadi manusia dan membangun karakter bangsa. Muaranya yaitu pada pembentukan SDM berkualitas, bermoral, berakhlak mulia, serta berbudi pekerti luhur.

“Sehingga diharapkan kita siap bersaing pada tataran global, dan mampu mengekplorasi serta mengeksploitasi potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat,” harapnya.

BACA JUGA: Gubernur Maluku Hadiri Perayaan Idul Adha SMP 14 Ambon, Ini Pesan Ina Latu

Di sisi lain, Murad mengaku tantangan pembangunan bidang pendidikan di provinsi Maluku sangat kompleks dengan tipologi wilayah kepulauan. Masalah lain yang ditemui dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, yakni akses masyarakat terhadap fasilitas dan layanan masih sangat terbatas. Ini disebabkan belum meratanya fasilitas dan sarana pendidikan di seluruh wilayah Maluku. Di samping terbatasnya jumlah dan kualitas tenaga kependidikan pada semua jenjang pendidikan. Hal lainnya yakni tata kelola pendidikan belum padu antar tingkatan pemerintahan, yang secara langsung berpengaruh terhadap layanan pendidikan di Maluku.

Page: 1 2

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024