Categories: HeadlineNasional

Kantor Bupati Halsel Terbakar, Ini Penjelasan Bupati Usman Sidik

Share

AMBONKITA.COM,-Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, Rabu (20/4/2022) malam terbakar. Kantor ini tepatnya berada d Jl Kebun Karet, Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan.

Api membakar nyaris seluruh bagian atap kantor bupati. Sementara pada bagian gedung kantor bupati belum dilalap api. Seluruh lampu pada bagian gedung telah dipadamkan. Sejumlah orang berusaha menyelamatkan sejumlah peralatan kantor yang masih bisa dievakuasi.

Akibat jilatan si jago merah, hampir seluruh ruangan di lantai dua hangus terbakar. Lantai dua merupakan ruangan bupati, wakil bupati, sekda, Asisten 3, dan ruang rapat.

Informasi yang dihimpun dilokasi, api mulai memercik dari ruangan Asisten 3 pada pukul 20.53 WIT. Kemudian api merembat sampai ke ruangan lainnya. Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik. Api pertama kali diketahui oleh petugas Satpol PP.

Ketika api masih kecil, petugas Satpol menghubungi Dinas Pemadam milik pemda yang baru datang 20 menit kemudian. Total 6 armada yang mencoba memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dari kebakaran tersebut. Namun, seluruh surat berharga yang ada di dalamnya ruangan Asisten 3, Sekda, dan wakil bupati terbakar. Kini kondisi tiga ruangan tersebut hanya tersisa puing-puing.

Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Usman Sidik, sekitar pukul 21.15 WIT berada di TKP. Dia tidak bisa berbuat banyak karena api telah menyambar ke seluruh bangunan.

Usman mengungkapkan sekitar 30% kantor hangus terbakar. Usman mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIT. Api baru bisa dipadamkan sekitar 3 jam setelah kebakaran.

“Saya ditelepon jam 9 (malam) langsung ke lokasi. Sekitar 3 jam baru bisa dipadamkan,” ucapnya.

Dalam insiden kebakaran ini, Usman mengaku api tidak sampai membakar ruangannya. Kebakaran disebut menghanguskan 30% kantor.

Recent Posts

Mantan Wali Kota Tual Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Direktur Krimsus

AMBONKITA.COM,- Penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku menetapkan Adam Rahayaan, mantan Wali Kota Tual, sebagai tersangka kasus…

04/26/2024

Sadali Ie Kini Penjabat Gubernur Maluku

AMBONKITA.COM,- Sadali Ie, Sekda Provinsi Maluku resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Maluku. Ia dilantik Menteri…

04/26/2024

Kapolda Sidak Proses Rekrutmen Polri di SPN Passo

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, melakukan sidak proses rekrutmen Polri di SPN Polda…

04/26/2024

Mahasiswa di Ambon Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBONKITA.COM,- Marcelino Lattu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kota Ambon, ditemukan tewas gantung diri…

04/26/2024

Polri Gelar Bakti Sosial di Negeri Ulath dan Ouw

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku bersama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease melaksanakan kegiatan bakti sosial…

04/24/2024

Masa Jabatan Murad-Orno Berakhir, Sekda Maluku Jadi Plh

AMBONKITA.COM,- Masa jabatan Murad Ismail dan Barnabas N. Orno sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Maluku akhirnya berakhir…

04/24/2024