Categories: Hukum KriminalMaluku

Kapolda Ajak Jaga Investasi di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, mengajak semua elemen masyarakat agar dapat menjaga investasi yang ada di provinsi Maluku.

Hal itu disampaikan saat memimpin rapat membahas pengamanan investasi dan Objek Vital (Obvit) Nasional di Maluku. Rapat digelar secara virtual dan dipandu Kapolda dari ruang kerjanya, Selasa (22/8/2023).

Terkait pengamanan investasi dan obvit, Kapolda berharap apabila ada persoalan yang dapat mengganggu kamtibmas, agar dapat dikoordinasikan secara baik.

“Terkait dengan adanya beberapa masyarakat yang pro kontra perlu kita antisipasi bersama agar tidak berdampak pada terganggunya kamtibmas,” katanya.

Ia mengaku melihat berbagai dinamika yang terjadi di beberapa daerah di Maluku, dan dapat berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Berbagai dinamika yang kita lihat saat ini mari kita lakukan antisipasi keamanannya secara bersama-sama,” ujar dia.

BACA JUGA: Lahan Gambut di Bula Terbakar

Dalam rapat tersebut, saat ini secara umum di berbagai daerah dilaporkan dalam situasi aman terkendali. Aparat kepolisian senantiasa bekerjasama baik dengan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, maupun pihak perusahaan.

“Kami menyampaikan terimah kasih kepada rekan-rekan sekalian dan teruslah mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada di daerah masing-masing,” ujarnya.

Irjen Latif juga mengingatkan, persoalan terbesar di Maluku yang kerap timbul yaitu mengenai batas-batas desa, wilayah yang belum ditetapkan pemerintahan dan kabupaten daerah masing-masing.

“Inilah yang menjadi rawan konflik, dan kami dari pihak kepolisian terus mendukung prestasi-prestasi perusahaan yang ada di Maluku. Karena ada beberapa perusahaan yang memberikan beasiswa dan melakukan pelatihan kerja kepada para pekerjanya. Ini yang penting di lakukan untuk kebaikan daerah,” katanya.

Dikatakan, investasi di Maluku harus dijaga dengan baik. Hal ini untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakan dan memberikan perubahan ekonomi maupun kesejahteraan bagi rakyat Maluku.

Investasi di Maluku, tambah dia, juga harus memberikan manfaat dan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, juga harus dilakukan dengan cara-cara sesuai aturan yang berlaku.

“Sebaiknya bila masih ada persoalan maka diselesaikan melalui cara-cara dialog dan mediasi sehingga ada win-win solution bagi semua pihak,” katanya.

Ia mengungkapkan, apabila semua proses sudah berjalan dengan baik maka semua pihak dan masyarakat juga wajib menjaga kesinambungan. Selain itu juga dapat menjaga keamanan investasi dan usaha yang ada di tengah masyarakat.

“Tidak perlu mengada-ngada membuat persoalan yang malah menimbulkan kerugian bersama, dan akhirnya membuat investor enggan berinvestasi di Maluku karena tidak adanya rasa aman dan kepastian usaha yang dilakukan,” harapnya.

“Bila ada masalah agar diselesaikan dengan jalan damai tanpa perlu melakukan kekerasan, anarkis dan merusak aset-aset perusahaan yang tentunya akan merugikan semuanya,” tutup Irjen Latif.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024