Kapolda dan Pangdam Pattimura Temui Raja-raja Bicara Perdamaian di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Untuk mewujudukan rasa aman dan damai, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, menemui Raja-raja se Maluku.

Pertemuan silaturahmi tersebut dilangsungkan di Gedung Majelis Latupati Provinsi Maluku, Kota Ambon, Jumat (18/2/2022).

Ketua Umum Majelis Latupati Maluku, H. Ibrahim M.H. Wokas, dalam sambutannya berharap agar peristiwa-peristiwa masa lampau jangan lagi terulang, karena akan berakibat pada kesengsaraan.

“Peristiwa-peristiwa itu (konflik) bukannya mengorbankan satu pihak tapi Katong (kita) semua yang akan jadi sengsara,” kata Ibrahim yang merupakan Raja Negeri Urung tersebut.

Damai, lanjut dia, adalah sesuatu yang sangat baik di dunia. Kedamaian bisa membuat kita merasakan kebahagiaan saat dekat dengan keluarga, dan para tetangga di sekeliling tempat tinggal.

“Kita merasakan kebahagiaan saat di sekeliling kita ada teman, ada tetangga yang mencintai, menyayangi kita. Mari kita mempererat hubungan ini, mari hidup dalam damai, saling hormat-menghormati di antara kita,” pintanya.

Menurut Ibrahim, kedamaian harus dimulai dari diri sendiri. Olehnya itu ia mengajak semua pihak untuk bekerja keras mempertahankan perdamaian di bumi Raja-raja ini.

“Mari kita memperbanyak dialog, jangan mencari perbedaan, tetapi carilah persamaan. Kalau kita tidak bersaudara dalam keimanan, maka mari kita bersaudara dalam kemanusiaan. Sehingga aman, damai itu akan indah untuk anak cucu kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku, sebagai orang yang baru menjabat di Maluku selama kurang lebih 1 bulan 15 hari, silaturahmi dengan para Latupati di Maluku ini sangat penting.

“Saya dan Pangdam adalah pejabat baru di Maluku, kami baru masuk kurang lebih 1 bulan 15 hari. Saya dengan Pangdam hanya selisih 1 hari dan sebagai warga baru adalah kewajiban kami untuk bisa bertemu dengan para Upulatu (Raja) dan Inalatu (Ibu Raja) di Maluku,” katanya.

Menurutnya, dalam tataran Pemerintah Provinsi Maluku, para Upulatu dan Inalatu merupakan bagian penting dalam membangun serta menjaga semangat keamanan dan kedamaian di daerah ini.

“Mungkin tidak semua provinsi di Indonesia, inilah kekhasan dan keunikan Maluku. Daerah ini sangat dihormati dan dihargai oleh Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Menurutnya, Raja-raja memiliki peran strategis dalam membangun bangsa ini, turut serta membantu dalam memelihara kamtibmas, terutama di provinsi Maluku.

“Saya sering lihat ada slogan Ambon Manise. Saya kira ini bukan hanya Ambon tapi juga harus Maluku Manise. Manise ini bisa kita singkat adalah “Maluku Aman dan Damai Indonesia Sejahtera”,” pintanya.

Senada dengan Kapolda, Pangdam Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, mengajak masyarakat untuk tidak percaya dengan yang namanya Katanya. Sebab, Katanya itu merupakan bagian dari provokator untuk mengadudomba dan memecahbelah persatuan dan kesatuan di antara sesama orang saudara di Maluku.

“Tadi Bapak Kapolda sampaikan sosmed itu dengan berbagai isu yang luar biasa, kalau kita tidak selektif, cermat, berpikir, dingin hati, kita bisa termakan. Untuk itu dengan hati yang paling dalam saya memohon saat ini di sosmed banyak sekali provokator provokator, marilah kita semua yang hadir di sini kita juga memprovokasi dengan pesan-pesan damai,” ajaknya.

Pangdam mengaku telah meminta jajaran Kodam XVI/Pattimura untuk terus menyampaikan pesan-pesan damai baik secara langsung maupun melalui media sosial.

“Saya sampaikan kepada seluruh jajaran Kodam sampaikan pesan-pesan damai untuk melawan pesan-pesan yang ingin selalu mengadu domba dan memecah belah kita dari zaman penjajahan Belanda,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024