Categories: Hukum Kriminal

Kapolda Maluku Ingatkan Hati-hati Penipuan Modus Calo Penerimaan Anggota Polri

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, memperingatkan panitia penerimaan agar jangan main-main dalam rekrutmen calon anggota Polri tahun 2022. Masyarakat juga diingatkan hati-hati dengan penipuan bermodus calo.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini sedang membuka seleksi Taruna Akpol, Bintara tahun 2022. Tahapan rekrutmen anggota Polri ini juga dilakukan Panitia Daerah (Panda) Polda Maluku.

“Seluruh panitia penerimaan anggota Polri agar melaksanakan seluruh rangkaian seleksi sesuai ketentuan yang berlaku,” ingat Kapolda di Ambon, Rabu (13/4/2022).

Orang nomor 1 Polda Maluku itu, berharap panitia bisa mempedomani semua petunjuk dan arahan yang telah ditetapkan oleh Mabes Polri.

“Jangan lakukan penyimpangan sekecil apapun yang merugikan masyarakat, atau melakukan penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaannya,” tegas Kapolda.

Mantan Kakorpolairud Baharkam Polri ini mengaku telah mengerahkan Propam untuk mengikuti semua proses atau tahapan rekrutmen calon anggota Polri.

“Propam telah saya terjunkan untuk memantau dan mengukuti semua proses dari awal sampai dengan akhir kegiatan tersebut,” ingatnya lagi.

Baca juga: Ini Penampakan Momen Kebersamaan Kasad, Kapolda dan Pangdam di Ambon

Kepada masyarakat, Jenderal bintang 2 Polri ini mengingatkan agar jangan mudah tertipu dengan para calo yang mengaku dapat menjamin kelulusan putra putri anda sebagai anggota Polri.

“Apalagi dengan meminta imbalan uang, karena itu semua bohong dan pasti penipuan. Kalau ada anggota atau masyarakat yang menawarkan seperti itu, catat namanya dan laporkan ke Propam Polda,” tegasnya.

Baca juga: Sempat Dipecat Henz Songjanan Kembali Dipanggil, KSAD: Minggu Depan Dilantik

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur itu menjelaskan, tahapan rekrutmen calon anggota Polri dilakukan dengan sistem yang sangat ketat. Masing-masing peserta saling melakukan pengawasan.

“Perlu diketahui seleksi saat ini dengan sistem dan saling kontrol yang ketat antara peserta sendiri, dimana nilai-nilainya langsung diumumkan dan bisa dilihat satu sama lain oleh peserta. Kalau bagus ya bagus, dan kalau jelek ya jelek,” kata dia.

Olehnya itu, masyarakat diminta untuk dapat menyiapkan kecerdasan, fisik dan mental anak-anak dengan baik, agar bisa mengikuti semua tahapan seleksi Polri sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

“Jangan tertipu dengan yang minta-minta uang muka untuk meluluskan dan kalau tidak lulus akan dikembalikan, karena itu bohong besar. Karena sebenarnya kalau peserta lulus ya sebenarnya karena memang yang bersangkutan lulus bukan karena peran calo penipu itu. Jadi kalau misalnya gagal, dia akan kembalikan uang itu atau kadang masih terpotong dengan alasan untuk operasional,” kata Kapolda mengingatkan modus yang kerap dilakukan oleh para calo.

Kapolda kembali menegaskan, pihaknya akan bertindak tegas apabila kedapatan anggota, atau masyarakat melakukan calo. Termasuk pemberi suap juga akan ditindak sesuai hukum yang berlaku, dan peserta seleksi dicoret dari kepesertaan.

“Saya akan proses semua anggota atau panitia yang coba-coba lakukan penyimpangan dan saya minta partisipasi masyarakat untuk laporkan bila ditemukan penyimpangan tersebut,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

View Comments

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024