Categories: Hukum KriminalMaluku

Kapolda Maluku Kunjungan Silaturahmi ke Tokoh Agama, Pilar Toleransi

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, menggelar serangkaian kunjungan kerja silaturahmi ke sejumlah tokoh agama, pilar toleransi di provinsi Maluku, Kamis (13/1/2022).

Hari ini, orang nomor 1 Polda Maluku yang baru itu menemui Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Maluku, Karnusa Serang, dan Ketua MPH Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Elifas Tomix Maspaitella.

Dalam lawatannya di kantor PWNU Maluku dan Sinode GPM, mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini tidak sendiri. Ia didampingi Direktur Intelkam, Direktur Binmas dan Kabid Humas Polda Maluku.

Kunjungan silaturahmi tersebut pertama kali berlangsung di Kantor PWNU. Ia disambut hangat oleh ketua dan pengurus PWNU Maluku.

“Selaku Kapolda Maluku yang baru, di mana merupakan agenda kami untuk berkunjung ke tokoh-tokoh agama, mengingat NU merupakan salah satu pilar dalam mendukung toleransi beragama di provinsi Maluku,” kata Kapolda dalam pertemuan itu.

Ia mengakui selama ini hubungan NU dengan Polri, khususnya Polda Maluku berjalan sangat baik. Termasuk dalam menekan pandemi covid-19, dan percepatan vaksinasi di Maluku.

“Saya sebagai warga baru kiranya ke depan ada kerjasama yang lebih baik, dalam berkomunikasi dan berkoordinasi menjaga Kamtibmas dan kemajuan di provinsi Maluku,” harapnya.

Di hadapan kedua tokoh agama tersebut, Lotharia mengaku Polda Maluku selalu membuka diri dalam menerima masukan, saran maupun kritikan. Hal ini juga yang diharapkan Kapolri, bahwa Polri tidak boleh antikritik dan harus menerima masukan dari masyarakat. Ini agar ke depan Polri akan semakin menjadi yang lebih baik.

Mantan Kakorpolairud Baharkam Polri ini menambahkan, karakteristik wilayah dan penduduk Maluku dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak jauh berbeda.

“Saya baru menjabat di Polda Maluku yang sebelumnya di Polda NTT, yang kita ketahui bersama karakteristik wilayah dan penduduknya tidak jauh berbeda,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWNU Maluku, Karnusa Serang, menyampaikan dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan kegiatan pelantikan Ketua Umum PWNU Maluku yang baru.

“Untuk diketahui Bapak Kapolda kantor kami ini haknya masih milik perorangan, sementa kami kontrak, direncanakan kantor baru kami yang sementara berjalan pembangunan terletak di Desa Poka,” katanya.

Ia mengaku selama ini pihaknya selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam melaksanakan pembinaan kepada masyarakat. Pihaknya juga selalu menghimbau warga agar setiap menjalankan aktivitas agar senantiasa menggunakan protokol kesehatan. Ini dilakukan guna menekan angka perkembangan covid-19 di Maluku.

“Seperti diketahui, Ambon dengan beragam suku dan agama merupakan daerah pasca konflik 1.999, yang mana telah mengalami perbaikan yang sangat jauh. Kondisi ini tidak terlepas dari peran TNI dan Polri dalam menjaga Kamtibmas. Kami harapkan kondisi ini dapat terus ditingkatkan dalam menjalin hubungan baik dan koordinasi ke depan,” pungkasnya.

Senada dengan Ketua PWNU Maluku, Ketua MPH Sinode GPM Elifas Tomix Maspaitella di tempat terpisah, juga mengaku hubungan antara pihaknya dengan Polda Maluku selama ini berjalan baik. Termasuk di massa pandemi ini, pihaknya dengan TNI dan Polri bersama menekan angka penyebaran covid-19.

“Kami juga bekerja sama dalam mempercepat pencapaian vaksinasi pada jemaat kami. Perlu disampaikan kami membawahi jemaat Maluku dan Maluku utara,” kata Elifas.

Lotharia menambahkan, silaturahmi dengan Ketua Sinode Maluku bukan suatu hal yang baru bagi dirinya.

“Karena saya dilahirkan dari anggota keluarga TNI yang mana lingkungannya selalu beraktifitas dengan suasana keagamaan Kristiani,” katanya.

Jenderal bintang 2 Polri di Maluku ini berharap kehadirannya bisa lebih meningkatkan lagi hubungan kerja sama yang selama ini sudah terjalin baik di Maluku.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024