Categories: AmbonkuHeadlineMaluku

Kapolda Maluku Minta Satpam Profesional dan Membantu Menjaga Kamtibmas

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, meminta kepada Satuan Pengamanan (Satpam) agar dapat bekerja secara profesional dalam membantu menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtimbas).

Hal itu disampaikan Kapolda Maluku saat memimpin upacara dan syukuran peringatan HUT Satpam yang ke-42 yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (30/1/2023).

Hadir dalam upacara HUT Satpam yaitu Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Abdurachman, Wakapolda Maluku Brigen Pol Stephen M. Napiun, Wadanlantamal IX Ambon, Sekda Maluku dan para pejabat utama Polda Maluku.

“Semoga Satpam dapat semakin profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan kamtibmas secara swakarsa,” pinta Kapolda Maluku Lotharia Latif, saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Irjen Latif mengatakan, Polri menyadari bahwa dalam memelihara kamtibmas tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. Untuk itu, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

BACA JUGA: Kapolda: Anak-anak Maluku Punya Potensi Besar dalam Sepakbola

Kehadiran Satpam, kata dia, merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

Untuk mendukung tugas Polri guna menciptakan situasi yang kondusif, Satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing- masing.

Satpam juga diminta untuk senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas.

Irjen Latif juga meminta Satpam untuk menjunjung tinggi kode etik profesi satpam dan prinsip penuntun tugas Satpam dimanapun berada.

“Saya berharap rekan-rekan satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo Satpam,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam upacara peringatan HUT Satpam ke 42, Kapolda Maluku juga memberikan penghargaan kepada tiga personel Satpam berprestasi atas dedikasi dan sinergitas dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya. Diantaranya Lucas Hattu, koordinator Satpam di Kantor BPK RI Perwakilan Wilayah Maluku. Kemudian Scorpio Rihard Wabula, S.H yang bertugas sebagai anggota Satpam pada PT Pertamina PTC IT Wayame, dan Franisca Eglesya Yatupun, yang bertugas di Kantor Wilayah Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Setelah penyerahan penghargaan kepada tiga personel Satpam berprestasi, kegiatan dilanjutkan dengan peragaan ketrampilan penggunaan Drill Borgol Tongkat oleh personel Satpam.

Usai upacara, peringatan HUT Satpam dilanjutkan dengan acara syukuran dan ramah tamah di Tribun Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon.

Kapolda Maluku, Lotharia Latif berharap setiap hari ataupun setiap waktu personel Satpam bisa berinteraksi dengan Polri. Sehingga dapat mengupdate berita-berita dan mengambil berbagai kebijakan dalam memelihara kamtibmas di wilayah ini.

“Saya berharap kepada kepala perusahaan atau lembaga, anggaplah Satpam ini bagian dari investasi, karena setiap perusahaan memiliki visi misi dan tujuan, salah satunya adalah menumbuhkan keamanan dan kenyamanan,” harapnya.

Irjen Latif mengatakan, sesuai sambutan Kapolri, dimana Satpam diminta tingkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugasnya, maka Polda Maluku dan jajaran memiliki kewajiban untuk membina personel Satpam. Pembinaan dilakukan mulai dari etika, perilaku dan tugas pokok tindakan Kepolisian pertama Non yustisil di lapangan.

“Upacara tadi kita telah memberikan penghargaan kepada satpam-satpam yang memiliki dedikasi, loyalitas, integritas dalam pelaksanakan tugas. Saya berharap pemberian penghargaan ini juga menjadi rolemodel di Perusahaan/Lembaga masing-masing,” pintanya.

Menurut Irjen Latif, Satpam saat ini sudah lebih baik. Olehnya itu dirinya meminta personel Satpam agar terus menjaga instansinya masing-masing dengan baik, pelayanan yang simpatik ramah tamah, agar selalu dijaga.

“Saya berharap satpam-satpam bisa dapat menghindari pelanggaran berat. Semoga Satpam semakin profesional, dan menjadi profesi yang mulia di tengah-tengah masyarakat. Selamat Ulang Tahun ke 42, tahun 2022, Sinergitas Satpam dan Polri, Peduli untuk Sesama,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024