Kapolda Maluku Minta Tindak Tegas Pelaku Persetubuhan, Lindungi Psikologi Anak

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, menyesalkan terjadinya kasus persetubuhan dan pencabulan terhadap anak. Apalagi, pelaku kekerasan seksual adalah ayah kandung sendiri.

Hal itu disampaikan Kapolda menanggapi kasus persetubuhan anak yang dilaporkan bapak kandung, malah belakangan ketahuan kalau dirinya juga terlibat.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini memerintahkan penyidik untuk menindak tegas para pelaku sesuai Undang-undang yang berlaku.

Mantan Kapolda NTT itu menilai perbuatan para pelaku kejahatan seksual tidak boleh ditolerir. Mereka sudah merusak masa depan generasi bangsa.

“Saya perintahkan kepada penyidik untuk menindak tegas para pelaku sesuai hukum yang berlaku,” tegas Kapolda di Ambon, Selasa (5/7/2022).

Jenderal bintang 2 Polri ini pun meminta penyidik agar selain menindak tegas para pelaku, juga dapat melindungi psikologi anak, korban kekerasan seksual.

“Lindungi psikologi anak yang menjadi korban. Lakukan trauma healing kepada mereka,” pintanya.

Sebelumnya diberitakan, sungguh malang nasib yang dialami anak di bawah umur ini. Sebut saja A. Gadis 11 tahun itu disetubuhi dua orang lelaki bejat. Yaitu B (39) dan OR (45). Mirisnya, B adalah ayah kandungnya sendiri.

Selain menyetubuhi, dua terduga pelaku ini juga kerap melakukan pencabulan. Keduanya kini sudah mendekam di penjara. Mereka dikenakan pasal berlapis tentang pencabulan dan persetubuhan anak.

Kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur ini, pertama kali terungkap, saat B mempolisikan OR. Ia diduga telah menyetubuhi darah dagingnya tersebut.

Di tengah penyidikan, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Ambon, yang mendampingi korban merasa curiga dengan gelagatnya.

Usut punya usut, korban akhirnya mau buka mulut. Ia mengaku kalau B, ayah bejatnya itu sudah lebih duluan menyetubuhinya. Bahkan, perlakuan tak senonoh bapaknya itu sudah berlangsung sejak korban berumur 9 tahun.

BACA JUGA: Anak 11 Tahun Ini Kerap Disetubuhi Bapak Kandung dan Kenalannya

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024