Kapolda: Semua Personel Wajib Tahu Perkembangan Situasi Politik, Junjung Tinggi Netralitas

Share

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, menyampaikan kepada semua anggota Polri agar dapat mengetahui perkembangan situasi politik, dan menjunjung tinggi netralitas.

Hal itu disampaikan Kapolda saat melakukan safari kamtibmas Pemilu Damai 2024 di SBT. Kapolda yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda berangkat ke SBT menggunakan Kapal Polair Mabes Polri KP. Anggada 7016. Mereka tiba di Pelabuhan Sesar, Bula, SBT, Sabtu (7/10/2023) sekitar pukul 08.00 WIT.

Kedatangan Kapolda dan rombongan yang berangkat dari Pelabuhan Ditpolairud Polda Maluku, Lateri, Kota Ambon, Jumat (6/10/2023) pagi ini, disambut oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) SBT. Diantaranya Bupati, Kapolres, Ketua DPRD, Kepala Kejari, Ketua Pengadilan, Danki Senapan, maupun Sekda SBT.

Kunjungan kerja Kapolda disambut langsung oleh Forkopimda setempat. Bupati SBT kemudian mengalungkan kain syal khas SBT dan buket bunga diberikan Kapolres SBT sebagai tanda penghormatan.

Sempat menyapa Forkopimda, Kapolda dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Markas Polres SBT. Ia mengambil apel pagi yang diikuti seluruh personel Polres SBT Maluku.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Polres SBT atas loyalitas dan dedikasinya sehingga sampai saat ini wilayah SBT secara umum dalam keadaan kondusif,” kata Kapolda dalam arahannya.

Orang nomor 1 Polda Maluku itu berharap agar semua personel Polri di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini, senantiasa dalam kondisi prima dan semangat dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

“Hindari pelangaran-pelanggaran sekecil apapun. Saya mengajak kita semua agar saling mengingatkan satu sama lain, saling asah, saling asih dan saling asuh,” pintanya.

BACA JUGA: Gunakan Kapal Polair, Kapolda Safari Kamtibmas Pemilu Damai di SBT

Irjen Latif mengakui telah mendapatkan laporan terkait dengan kondisi personel di SBT. Namun, ia berharap meski dalam keadaan kekurangan, tetapi tidak menjadi penghambat menjalankan tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

“Saya mendapatkan laporan bahwa personel Polres SBT masih memiliki kekurangan, namun itu bukan sebagai hambatan untuk kita tetap melaksanakan tugas kita sebagai anggota Polri,” harapnya.

Setelah mengambil apel, Kapolda dan rombongan kemudian menuju aula Parama Satwika, Mapolres SBT. Ia juga menyapa personel Polres SBT.

Kepada seluruh personel Polres dan jajarannya Kapolda mengingatkan untuk selalu menindaklanjuti program Presisi Kapolri, Direktif Kapolda Maluku, dan program Basudara Manise.

“Antisipasi dan cegah terjadinya konflik sosial, siapkan early warning system deteksi dini, dan cegah dini terhadap potensi konflik di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Kapolda menyampaikan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 telah di depan mata. Sehingga diharapkan kepada seluruh fungsi terkait untuk selalu melakukan antisipasi, dan terus berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu maupun Forkopimda setempat.

“Seluruh personel wajib mengetahui perkembangan situasi politik dan junjung tinggi netralitas,” harapnya.

Mengenai pengaduan masyarakat (dumas), Kapolda menekankan agar dapat melakukan respon cepat, profesional dan proporsional.

“Tangani Dumas dengan cepat profesional dan proporsional dan amplifikasi keberhasilan penanganan pengaduan untuk menjawab keluhan masyarakat,” pintanya.

Kepada seluruh personel, Kapolda kembali mengingatkan untuk sebisa mungkin dapat mencegah pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun, baik etik maupun pidana. Sebab hal itu dapat menurunkan kepercayaan kepada Polri.

“Tingkatkan managemen media yang proporsional untuk mengangkat citra Polri, dan tingkatkan terus sinergitas dengan rekan-rekan TNI maupun instansi terkait,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024