Categories: Hukum KriminalMaluku

Kasus Dugaan Pemerasan, Dirreskrimum Polda Maluku Diperiksa Propam Polri

Share

AMBONKITA.COM- Dirreskrimum Polda Maluku, Kombes Pol Sih Harno, ternyata sudah diperiksa Propam Mabes Polri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap almarhum Adi Yoana, suami Gabriela Tirajoh, seorang kontraktor.

Sih Harno diperiksa setelah Gabriela melaporkan kasus dugaan pemerasan tersebut ke Mabes Polri, sebelum kasus ini terkuak ke publik.

“Jadi sebelum diangkat oleh rekan-rekan, ibu ini (Gabriela) sudah laporkan ke Mabes, dan Propam sudah turun lakukan pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (22/10/2021).

Sih Harno sendiri sudah diperiksa sebanyak dua kali. Terakhir kali dimintai keterangan pada akhir September 2021. Tim penyidik Propam Mabes Polri melakukan penyelidikan di Polda Maluku.

“Terkait dengan informasi itu (dugaan pemerasan), sudah dilaporkan ke Propam Mabes Polri, dan Propam Mabes Polri juga sudah turun ke Polda Maluku dan sudah melakukan penyelidikan terkait hal tersebut,” tambahnya.

Lantas, hasil pemeriksaannya seperti apa, juru bicara Polda Maluku ini mengaku masih terus diselidiki oleh Propam Polri.

“Kita tunggu saja hasil dari Propam Polri. Yang jelasnya sesuai dengan arahan dan perintah bapak Kapolri, kalau anggota bersalah jangan sampai dilindungi, tapi tetap diproses hukum sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gabriela Tirajoh mengaku mendiang suaminya diduga kerap diperas oleh oknum pejabat Polda Maluku, yaitu Dirreskrimum, Kombes Pol Sih Harno. Tapi tudingan itu dibantah oleh Sih Harno sambil tertawa.

Kabar mencengangkan datang dari Gabriela Tirajoh. Dia mengaku almarhum suaminya semasa hidup diduga kerap dijadikan sebagai layaknya mesin ATM oleh oknum seorang pejabat utama di Polda Maluku tersebut.

Bahkan, akibat kerap dimintai uang maupun barang dengan beragam alasan, suami Gabriela tersebut kena serangan jantung dan meninggal dunia.

Almarhum Adi Yoana sendiri merupakan salah satu kontraktor asal Surabaya. Ia mengerjakan proyek lampu jalan di Namlea, Kabupaten Buru.

Perkenalan suaminya dengan Sih Harno, berawal ketika dirinya datang melaporkan permasalahan yang dialaminya di Polda Maluku pada Desember 2019.

Masalah yang dilaporkan mengenai proyek lampu jalan di Namlea. Pasalnya, proyek yang sudah selesai dikerjakan, namun anggaran pekerjaan sebesar Rp 700 juta tak kunjung dicairkan.

Baca juga: Gabriela Mengaku Suaminya Diduga Kerap Diperas Oknum Pejabat Polda Maluku

 

Penulis: Husen Toisuta

View Comments

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024