Kejati Maluku Geledah Kantor Setda SBB, Ini yang Ditemukan

Share

AMBONKITA.COM,- Penyidik Tindak Pidana Khusus, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, melakukan penggeledahan di Kantor Sekretariat Daerah (Setda) dan Bagian Keuangan, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di Piru, Kamis (11/11/2021).

Penggeledahan dilakukan untuk melengkapi barang bukti kasus dugaan korupsi anggaran belanja langsung pada Setda Kabupaten SBB tahun 2016.

Kasus yang merugikan negara sebesar kurang lebih Rp 8,6 miliar ini menjerat lima tersangka. Mereka ialah AP, AN, RT, UH dan Sekda SBB, Mansyur Tuharea.

“Penggeledahan dilakukan guna melengkapi barang bukti yang telah ada,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) dan Humas Kejati Maluku Wahyudi Kareba kepada wartawan.

Mantan Kasipidsus Kejari Ambon yang turut mengikuti proses penggeledahan di Piru itu, mengaku proses dimulai sejak sekitar pukul 14.30 WIT.

“Penggeledahan berlangsung di kantor Setda dan Bagian Keuangan Pemerintah Kabupaten SBB,” sebutnya.

Baca juga: Tujuh Jam Sekda SBB Diperiksa Lalu Dibui

Di dua tempat yang dituju tersebut, Wahyudi mengaku proses penggeledahan berlangsung masing-masing selama kurang lebih 1 jam.

“Penggeledahan kami lakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam penggeledahan tersebut, penyidik telah menyita beberapa dokumen terkait perkara dimaksud,” kata dia.

Juru bicara Kejati Maluku ini mengaku dalam proses penggeledahan berlangsung aman dan lancar.

“Pelaksanaan penggeledahan didukung aparat keamanan dari Polda Maluku dan Polres SBB. Penggeledahan berjalan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, lima tersangka dalam perkara tersebut sudah diamankan Kejati Maluku. Mereka dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Kawasan Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Empat tersangka yang ditahan duluan adalah AP, RT, AN dan UH. Mereka dipenjara pada Senin (8/11/2021). Sementara Sekda SBB, Mansyur Tuharea ditahan pada Rabu (10/11/2021).

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024