Categories: HeadlineOlahraga

Keluar sebagai Juara, Maluku FC dan Pelauw Putra Menuju Liga 3 Nasional

Share

AMBONKITA.COM,- Kompetisi sepakbola liga 3 yang digelar Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Maluku berakhir di Stadion Lease, Markas Lantamal IX/Ambon, Sabtu (16/12/2023).

Maluku FC keluar sebagai juara liga 3 Regional Maluku setelah menumbangkan Dolorosa FC dengan skor 3 – 1. Sementara juara kedua yaitu Pelauw Putra usai mengalahkan Mandala Laimu FC dengan skor 3 – 2. Sedangkan Mandala Laimu FC sendiri keluar sebagai juara ketiga.

Dengan posisi tersebut, Maluku FC dan Pelauw Putra berhak untuk mewakili Provinsi Maluku pada liga 3 nasional yang rencananya digelar di Pulau Jawa.

Ketua Asprov PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu, mengaku, meski pertandingan  hanya diikuti empat tim, namun sudah memberikan warna tersendiri.

Kompetisi liga 3, kata dia, merupakan urat nadi dalam sepakbola. Tugas Asprov sebagai regulator harus melaksanakannya. Dan meski hanya diikuti oleh empat tim, namun mereka mampu menunjukan kualitas permainan yang cukup baik.

Lestaluhu menilai, dalam laga ini, Pelauw Putra bisa mengimbangi permainan  Maluku FC, begitu pula dengan Mandala Laimu FC yang mampu memberikan perlawanan atas lawan-lawannya.

BACA JUGA: Kapolda: Anak-anak Maluku Punya Potensi Besar dalam Sepakbola

“Berdasarkan pengamatan saya selama pertandingan ini, memang otomatis diakui bahwa Maluku FC masih yang terbaik,  walaupun kesempatan kalah dari Pelauw Putra, tapi Maluku FC masih bisa mempertahankan dan punya kualitas permainan dan bisa terus keluar sebagai juara. Maluku FC dan Pelauw Putra akan mengikuti putaran nasional nantinya di pulau Jawa,” ungkapnya.

Selanjutnya, Lestaluhu mengaku pihaknya masih akan menunggu edaran resmi dari PSSI untuk putaran liga 3 nasional yang kemungkinan jatuh pada bulan Januari atau Maret 2024 mendatang.

“Jadi bisa ada rens waktu dari tim Maluku FC dan Pelauw Putra untuk bisa melakukan persiapan dan kemungkinan bisa bertanding di Pulau Jawa yakni Jawa Tengah,” katanya.

Maluku FC dan Pelauw Putra akan menghadapi juara-juara tingkat provinsi di Indonesia. Kurang lebih ada 60 tim yang akan bertanding di liga 3 nasional.

“Nanti ada skemanya mungkin dari 60% sampai lolos Liga 2,” sebutnya.

Lestaluhu sangat optimis Maluku FC dan Pelauw Putra mampu mewakili Maluku berkompetisi di Liga nasional. Ia menilai, permainan kedua tim ini cukup bagus dan memiliki kualitas.

“Saya sangat optimis untuk 2 tim ini Maluku FC dan Pelauw Putra Saya yakin mereka bisa berkompetisi di Liga nasional mewakili Provinsi Maluku dan mereka sangat cukup bagus sangat kualitas,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024