Categories: DaerahkuMaluku

Kemenag RI Umumkan Tiga Nama Calon Kakanwil Kemenag Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Kementerian Agama RI, secera resmi mengumumkan tiga nama calon Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku tahun 2022.

Pengumuman yang tertuang melalui surat bernomor 13-P/PANSEL/04/2022 tentang hasil akhir seleksi jabatan tinggi pratama Kemenag RI, merilis tiga nama calon Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, dari 9 kandidat yang mengikuti seleksi, masing-masing Abdul Kahar, Amir Tomagola, dan Yamin yang adalah Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Dalam surat yang ditandatangi Sekretaris Jenderal Kemenag RI tanggal 26 April 2022 ini, menyebutakan empat poin penting. Pertama, panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi Kemenag telah memilih tiga nama calon pejabat pimpinan tinggi pratama sesuai dengan ketentuan untuk 19 lowongan jabatan di lingkungan Kemenag di seluruh Indonesia.

Kedua, posisi nama yang dicantumkan berdasarkan abjad dan tidak menunjukan nilai masing-masing calon pejabat pimpinan tinggi pratama. Ketiga, nama pejabat pimpinan tinggi pratama dimaksud diajukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia selaku pejabat pembina kepegawaian. Ini untuk mendapatkan penetapan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan yang keempat, keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Setelah surat itu diterbitkan maka proses selanjutnya diserahkan sepenuhnya kepada Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas untuk menentukan siapa yang akan menjadi Kakanwil Kemenag Maluku sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Gubernur Maluku: Semoga Yamin Cepat Dilantik Menteri Agama

Baca: Kemenag Mulai Seleksi Petugas Haji Daerah 2022

Mencermati perkembangan publik yang menyoroti siapa yang dinilai layak untuk menduduki jabatan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku yang sebelumnya dijabat  H. Jamaludin Bugis, Ketua Ansor Provinsi Maluku, Ridwan Nurdin, dihadapan Menteri Agama RI, yang mengunjungi Kota Ambon pada tanggal 23 April, memberikan apresiasi kepada Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, yang dinilai sangat mensuport Kegiatan PW GP Ansor di negeri seribu pulau ini.

“Kami respek kepada Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, terima kasih Bapak Yamin yang merespon cepat kegiatan Ansor di negeri ini,” kata Ridwan Nurdin.

Hal senada juga disampaikan Gubenur Maluku, Irjen.Pol (Purn) Drs. H. Murad Ismail, saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelantikan GP PW Ansor Provinsi Maluku, yang disaksikan Menteri Agama.

Menurut Gubernur Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin, sangat respon, selalu mendukung, mensuport dan aktif bersama dalam kunjungan bersama-sama pemerintah provinsi Maluku. “Pak Menteri, ini Plt. Kakanwil selalu bersama kami, turun sampai di kampung kampung menemui masyarakat, semoga beliau dipermanenkan dilantik oleh menteri agama,” harap gubernur yang disambut antusias undangan yang memenuhi  kegiatan pelantikan GP PW Ansor Provinsi Maluku.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024