Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Kerap Palak Pedagang, Dua Preman Pasar Mardika Dibekuk Polisi

Share

AMBONKITA.COM,- Dua orang preman yang kerap beraksi di Pasar Mardika, Kota Ambon, akhirnya dibekuk aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku. Mereka adalah AN dan IM.

Kedua preman ditangkap pada Kamis (3/11/2022). Penangkapan dilakukan setelah polisi menerima aduan masyarakat yang sering dipalak.

Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Pol Andri Iskandar, mengaku, AN dan IM kini telah dijerumuskan ke dalam rumah tahanan Polda Maluku.

“Sementara baru dua orang yang diamanakan yaitu AN dan IM. Kita amankan setelah mendapat laporan yang masuk melalui surat ke kita dan kita selidiki,” kata Iskandar kepada wartawan, Senin (7/11/2022).

BACA JUGA: Kakek di Leihitu Setubuhi Anak 9 Tahun

Kedua tersangka, kata Iskandar, sering memalak uang ke para pedagang di Pasar Mardika. Setiap pedagang diminta menyetor uang sejumlah Rp5 ribu.

“Uang yang kita amankan sebanyak Rp 1.200.000. Itu didapat mereka setiap hari. Jadi bisa dibayangkan satu bulan penghasilan mereka berapa banyak,” ucapnya.

Menurutnya, tersangka AN berperan menagih uang ke setiap pedagang. Ia kemudian menyetornya kepada IM. Bukan hanya mereka, tapi masih ada komplotan lain dengan modus serupa.

“Tindakan ini sudah sangat lama tetapi pedagang takut dan kalau tidak kasihpun merek diancam atau mungkin dikerjain kios dicoret, gembok dirusak walapun tidak mengambil barang tetapi dengan begitu kan mereka diintimidasi, masyarakat tetap takut,” ujarnya.

Iskandar mengaku, penangkapan dan pemberantasan terhadap preman, merupakan atensi Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. Pemberantasan dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Saat ini kedua tersangka sudah kami tahan. Mereka kami jerat menggunakan Pasal 368 KUHPidana tentang pemerasan,” tutupnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024