Kesembuhan di Maluku Terus Naik, Sudah 539 Pasien Pulih Dari Covid-19

Share

AMBONKITA.COM,-Perpanjangan PSBB di Kota Ambon menunjukkan hasil. Angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif terus bergerak naik. Dari data yang dihimpun perhari ini, Sabtu (11/7/2020) jumlah kesembuhan mencapai 539 orang dari total 864 kasus.

Hal ini tentu menjadi kabar baik dan pengharapan besar bagi warga Kota Ambon. Pasalnya sudah 2 minggu warga terikat dengan aturan PSBB, ditambah lagi dengan perpanjangan waktu 2 minggu. Jika ditotal satu bulan penuh warga mengikuti PSBB. Itupun belum terhitung dengan kebijakan PSBR dan PKM yang sebelumnya dengan durasi yang sama.

Sudah tentu dengan banyaknya kebijakan dan aturan itu diharapkan punya hasil yang linier. Berdasar rilis yang diterima Terasmaluku.com jaringan Ambonkita.com dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku, sudah lebih dari setengah jumlah kasus yang sembuh.

Hanya tersisa 308 atau berkurang 24 pasien dari sebelumnya yang masih dalam perawatan. Rinciannya 85 orang status PDP dan 268 ODP.

Kondisi ini terbilang alami kemajuan. Tercatat pada hari sebelumnya 10 juli 2020 ada penambahan 13 kasus baru. Sementara hari ini, bertambah hanya 6 kasus.

Kedisiplinan dan kesadaran masyarakat tentunya jadi barometer keberhasilan semua kebijakan pemerintah. Pekan lalu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy memberi kabar baik, Kota Ambon kini berada dalam zona oranye. Itu artinya ada peningkatan kesembuhan serta pemulihan.

Dalam wawancara khusus via telepon bersama wartawan, Richard bahkan begitu optimistis. Dia yakin jika semua aturan berjalan lancar maka tak mustahil Kota Ambon segera masuk PSBB transisi minggu depan. Dengan catatan statusnya turun menjadi zona kuning.

Para pasien kini jalani perawatan tersebar di sejumlah balai hingga rumah sakit yang ditunjuk gugus tugas. Seperti terdapat 55 orang yang masih dirawat di RSUD Dr. M. Haulussy, 5 orang di RS Tk. II dr. J.A. Latumeten (RST), 14 orang di RSAL dr. F.X. Suhardjo dan RS Bayangkhara 8 orang.

RSUD dr. H. Ishak Umarella 28 kasus. RSUD Masohi 10 kasus, RSUD Saparua 3 kasus, RSUD Piru 1 orang. RSUD Maren – Tual 7 kasus dan RSUD Karel Satsuitubun – Maluku Tenggara 4 kasus. (PRISKA BIRAHY)

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024