Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Ketua DPRD dan Kadis PMDPA Malra Diperiksa Polisi soal Dugaan Korupsi Dana Covid-19

Share

AMBONKITA.COM,- Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku terus mengusut kasus dugaan korupsi dana covid-19 tahun 2020 di Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) senilai Rp 53 miliar.

Dua saksi yang diperiksa yakni Ketua DPRD Malra, Mindichri Kudubun dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Perlindungan Anak (DPMDPA) Kabupaten Malra, Maryam Matdoan.

Mindichri dan Maryam diperiksa di kantor Ditreskrimsus Polda Maluku di Kota Ambon, sejak Rabu pagi (22/11/2023). Sebelumnya, pada Kamis (16/11/2023) lalu, penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap empat pejabat di Kantor BPKAD Malra Tahun 2020. Mereka yaitu Kepala BPKAD, Rasyid; Kabid Anggaran, Resi Masakwaar; Kabid Kesda, Andreas Tetan El; dan Kabid Akuntansi Astuti V Harbelubun.

BACA JUGA: Mantan Bupati Malra Jalani Pemeriksaan di Polda Maluku

Direktur Reskrimsus Polda Maluku Kombes Pol Harold Wilson Huwae yang dikonfirmasi membenarkan adanya pemeriksaan Ketua DPRD dan Kadis PMDPA Kabupaten Malra.

“Sesuai surat undangan, mereka (Ketua DPRD dan Kadis PMDPA),” kata Harold singkat.

Di kasus ini, penyidik juga telah memeriksa mantan Bupati Malra, M. Thaher Hanubun, Mantan Sekda Malra, Ahmad Yani Rahawarin, dan Kepala Dinas Infokom Antonius Kenny Raharusun.

Belasan pejabat Pemkab Malra lainnya juga ikut diperiksa untuk mengungkap secara terang benderang perkara yang diduga sudah merugikan negara miliaran rupiah tersebut.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi yang diterima, dana penanganan Covid-19 Tahun 2020 di Pemkab Malra sesuai hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  (LKPD) sebesar Rp 53 miliar. Sedangkan berdasarkan Laporan  Pertanggungjawaban Bupati Malra Tahun 2021 realisasi anggarannya hanya sebesar Rp 36 miliar. Adapun temuan terbaru berdasarkan LKPD ternyata lebih dari Rp 80 miliar.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024