Kompolnas RI Kunjungi Polda Maluku, Ini yang Dilakukan

Share

AMBONKITA.COM,- Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia (RI) mengunjungi Markas Polda Maluku di kota Ambon, Selasa (9/5/2023).

Kedatangan Kompolnas untuk melakukan penelitian sistem pengawasan internal di lingkungan Polri antara fakta dan harapan di Polda Maluku.

Tim Kompolnas dipimpin oleh Komisoner Kompolnas Irjen Pol (Pur) Pudji Hartanto Iskandar dan beberapa staf. Mereka disambut hangat oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun. Ia didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku.

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda, menyampaikan, Kompolnas adalah lembaga Kepolisian Nasional yang melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kinerja Polri.

Fungsi tersebut dilakukan untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan integrasi anggota maupun pejabat Polri.

“Olehnya itu kita harus mendukung kegiatan ini agar dapat berjalan dengan lancar. Sehingga saya minta kepada para kasatker untuk dapat memberikan jawaban atas pertanyaan dan data yang diminta tim guna keperluan penelitian,” pintanya.

BACA JUGA: “Jumat Curhat” Awak Kapal Ngaku Retribusi di Pelabuhan Rakyat Enrico Ambon Terlalu Berat

Kapolda mengaku pihaknya saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pengawasan melekat dan berjenjang. Pengawasan rutin juga terus dilaksanakan oleh Itwasda Maluku. Hal ini untuk memastikan rangkaian kegiatan kepolisian berjalan sesuai prosedur dan mekanisme.

“Selain itu juga agar terhindar dari kelemahan atau pelanggaran yang berdampak negatif terhadap institusi Polri yang kita cintai ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wakapolda Maluku juga memaparkan terkait situasi geografis Maluku secara umum dan potensi permasalahan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas.

Ia mengaku, saat ini pemeliharaan kamtibmas di wilayah Maluku dilakukan secara masih dan terkendali. Meski pada beberapa tempat masih ada permasalahan namun bisa ditangani dengan baik.

“Kita juga sangat terbantu dengan beberapa pejabat kita yang merupakan orang asli Maluku, sehingga dalam beberapa proses penyelesaian permasalahan dan konflik masyarakat di Maluku ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua tim Kompolnas Pudji Hartono Iskandar, mengaku pihaknya akan melakukan penelitian selama tiga hari. Ia berharap pelaksanaan penelitian di Polda Maluku dapat berjalan lancar hingga selesai.

“Kita harus semangat dan tetap percaya diri dalam pengabdian. Sebab pengabdian kita tidak akan pernah berakhir, baik pengabdian terhadap keluarga, lingkungan dan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan kita,” ujar dia.

Iskandar berharap pelayanan Polda Maluku kepada masyarakat sama seperti julukan kota ini yaitu Ambon Manise.

“Rekan-rekan semua kita ini harus menghindari semua bentuk tindakan yang dapat merusak nama baik institusi Polri seperti perilaku KKN dan perilaku menyimpang lainnya. Karena saat ini semuanya sudah transparan dan tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi,” tutupnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024