Categories: AmbonkuHeadline

Kota Ambon Harus Terapkan Inpres Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Share

AMBONKITA.COM,-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan serta pengendalian Covid-19. Inpres tersebut mengatur tentang sanksi bagi pelanggar tersebut.

Sehingga aturan ini harus diberlakukan juga di Kota Ambon agar pandemi Covid-19 bisa cepat berakhir. Sebab aturan itu untuk masyarakat yang bandel dalam protokol kesehatan.

“Beta kira aturan dari pusat (Inpres) ini untuk semua daerah dan Ambon juga harus terapkan aturan ini,” kata Wakil Ketua DPRD Ambon Rustam Latupono kepada wartawan di Kantor DPRD Ambon, Senin (10/8/2020).

Rustam mengatakan, Inpres ini harus disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Ambon terlebih dahulu agar warga bisa patuh menjalankan Instruksi Presiden tersebut. “Saya kira pemerintah harus disosialisasikan dulu agar masyarakat patuh, mudah-mudahan ada kesadaran dari masyarakat,” katanya.

Selain itu, kata Rustam, saat ini Kota Ambon sudah kembali masuk ke zona merah, sehingga hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama dalam menangani persoalan Covid-19.

“Persoalan covid ini tanggungjawab bersama pemerintah dan masyarakat. Apapun peraturannya kalau masyarakat tidak patuh dengan protokol kesehatan, masalah ini tidak akan selesai,” ungkapnya.

Menurut dia, pemerintah sudah membuat regulasi dan kebijakan yang baik, namun jika masyarakat tidak patuh dengan aturan tersebut maka hal itu sama saja.”Makanya ini tanggungjawab jawab kita semua agar Ambon kembali masuk di zona oranye,” ujar Rustam.

Rustam meminta kepada masyarakat untuk terus mendukung pemerintah dalam setiap kebijakan dengan mengikuti protokot kesehatan yaitu dengan jaga jarak, rajin cuci tangan dan pakai masker. (ALFIAN SANUSI)

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024