Categories: Ambonkukesehatan

Kota Ambon Masuk Zona Oranye Covid, Ini Penyebabnya

Share

AMBONKITA.COM,– Satuan Tugas Penanganan Covid-19 RI kembali menetapkan Kota Ambon dengan status zona oranye atau wilayah resiko sedang penularan covid. Ini setelah kasus konfirmasi covid-19 melesat tinggi.

Sebelumnya, ibukota provinsi Maluku ini berada di zona kuning (resiko rendah) dengan skor 2,73. Hingga 6 Februari 2022 skornya turun menjadi 2,37 atau masuk zona resiko sedang.

“Skor Kota Ambon minggu kemarin sebesar 2,73 dan untuk minggu ini sesuai data per 6 februari mengalami penurunan skor sebesar 0,36, sehingga kita sekarang masuk dalam zona oranye dengan skor 2,37,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, Selasa (8/2/2022).

Wendy menjelaskan, hinggi kini tercatat kasus terkonfirmasi di Kota Ambon mencapai 815 orang dengan meninggal dunia sebanyak 3 orang.

“Hal ini yang menjadi indikator Epidemiologi perhitungan dan penentuan zonasi,” sebutnya.

Ia mengakui, kenaikan kasus yang signifikan, dikarenakan pihaknya yang gencar melakukan testing, tracing  tracking dan screening terhadap masyarakat yang berkontak erat dengan pasien-pasien terkonfirnasi sebelumnya.

“Covid-19 identik dengan penularan, karena itu, pihak kami akan terus melakukan Tupoksi kami untuk terus meningkatkan 3T dengan indikator  WHO 1/1000 orang per minggu yang bertujuan untuk mengetahui lebih dini rantai penularannya, kita kurangi ruang geraknya melalui isolasi-isolasi terhadap pasien terkonfirmasi untuk meminimalisir penularannya. Dengan demikian, kita bisa secepatnya memutus mata rantai penularan covid tersebut,” jelasnya.

Kenaikan kasus terkonfirmasi, lanjut Wendy, tidak hanya terjadi di Kota Ambon, melainkan hampir seluruh daerah di Indonesia. Karena itu, dirinya berharap masyarakat dapat membantu memutuskan rantai penularan dengan melakukan vaksinasi dosis lengkap bagi yang baru mendapatkan 1 dosis, dan vaksinasi booster bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap 6 bulan.
Disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker yang benar (prokes).

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024