KPK Geledah 7 Kantor Pemerintahan di Bursel, Dokumen Aliran Uang Diduga Korupsi Ditemukan

Share

AMBONKITA.COM,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan sejumlah dokumen aliran uang dan barang elektronik yang diduga masuk unsur korupsi penerimaan hadiah atau janji terkai proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) tahun 2011 – 2016.

Barang-barang yang nantinya dijadikan sebagai bukti itu ditemukan saat dilakukan penggeledahan di sejumlah kantor pemerintahan di Kabupaten Bursel, pada Kamis dan Jumat (20-21/1/2022).

Selain kantor-kantor pemerintahan, KPK juga melakukan penggeledahan di sejumlah rumah kediaman milik pihak-pihak yang terkait dengan penyidikan perkara dugaan korupsi tersebut.

Terdapat 7 kantor pemerintahan di Bursel yang digeledah selama dua hari berturut-turut. Diantaranya Kantor Dinas Sosial; Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Anak; Kantor Koperasi dan Usaha Menengah; Kantor Dinas PUPR, Kantor Dinas PTSP; Kantor Dinas Lingkungan Hidup; Kantor Dinas Kesehatan; dan Kantor Dinas Perhubungan.

“Tim penyidik menemukan dan mengamankan berbagai bukti diantaranya dokumen aliran sejumlah uang dan barang elektronik yang diduga dapat mendukung unsur pembuktian dari dugaan pidana korupsi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait dengan perkara ini,” kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri kepada AmbonKita.com melalui pesan whatsaapnya, Senin (24/1/2022).

Sejumlah dokumen dan barang elektronik yang telah diamankan itu, kata Fikri, selanjutnya akan dilakukan analisa dan penyitaan.

“Analisa atas bukti-bukti tersebut akan dilakukan, disertai dengan penyitaan sebagai kelengkapan berkas perkara penyidikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kasus dugaan korupsi gratifikasi tersebut, mantan Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa, diduga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca juga: Mantan Bupati Bursel Tersangka, KPK Geledah Kediaman, Kantor Bupati dan BPKAD

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024