Mahasiswa Volgograd State University Rusia asal Maluku Ditemukan Meninggal di Sungai Volga

Share

AMBONKITA.COM,- Sebuah duka mendalam menyelimuti keluarga dan teman-teman Jamaludin Maulana Rolobessy, seorang mahasiswa S1 Hubungan Internasional asal Maluku, yang ditemukan telah meninggal dunia setelah sebelumnya dikabarkan tenggelam di Sungai Volga.

Sungai Volga, yang terletak di kota Volgograd, sekitar 970 kilometer dari Moskow, adalah sungai terpanjang di Eropa dan salah satu saluran air terpenting di Rusia. Sungai ini juga memiliki sejarah penting sebagai tempat pertempuran Jerman-Rusia selama Perang Dunia II di Stalingrad, yang kini dikenal sebagai Volgograd.

Kejadian ini mengejutkan banyak orang karena Jamal (demikian sapaan akrab almarhum) dikenal sebagai sosok yang berbakat, berprestasi, dan berdedikasi tinggi mengabdikan dirinya demi masa depan yang lebih baik.

Jamal, yang merupakan penerima beasiswa pemerintah Russia, telah menunjukkan prestasi gemilang sejak SMA sebagai alumni SMA Negeri Siwalima Ambon. Salah satu prestasi yang paling ia banggakan adalah pertukaran pelajar ke Jerman melalui Goethe Institut di tahun 2017. Selain menguasai lima bahasa, yaitu Jerman, Perancis, Inggris, Rusia, dan Indonesia, Jamal memiliki bakat dalam melukis. Kemampuan poliglot sang almarhum itulah yang ia andalkan dalam jurusan studinya. Cita-citanya adalah mengikuti jejak Alexandr Litaay dan Djauhari Oratmangun sebagai duta besar untuk meningkatkan martabat keluarga dan membantu 3 adik perempuan yang ditinggalkan.

Pertukaran pelajar ke Jerman, 2017. (Foto: Istimewa)

BACA JUGA: 48 Mahasiswa Amerika akan Belajar Kesehatan Lingkungan Masyarakat Pulau-pulau Kecil di Maluku

Pada tanggal 26 Juni 2023, berita tentang tenggelamnya Jamal mencapai Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow melalui laporan dari perwakilan mahasiswa Indonesia di Volgograd. KBRI Moskow segera melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk pencarian. Namun, pada akhirnya, berita yang menyedihkan datang bahwa jasad Jamal telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. KBRI Moskow segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian Volgograd dan Volgograd State University, tempat Jamal sedang menempuh studi, sambil berupaya menghubungi keluarga almarhum. Namun, upaya tersebut belum berhasil karena nomor telepon yang tercantum dalam data lapor diri almarhum dan nomor yang diberikan oleh teman-teman mahasiswa tidak dapat dihubungi.

Pada tanggal 27 Juni 2023, KBRI berhasil menghubungi Bapak Hairun Nasir (Ayah) dan Bapak Yores (Paman) sebagai perwakilan keluarga untuk menjalin komunikasi selanjutnya dengan KBRI Moskow.

Saat ini, jenazah Jamal berada di rumah jenazah di kota Volgograd untuk proses otopsi. Proses otopsi merupakan persyaratan yang ditetapkan oleh Pemerintah Federasi Rusia bagi setiap individu, termasuk warga negara asing, yang meninggal dunia di wilayah Rusia.

Pihak kepolisian sedang melakukan investigasi lebih lanjut terkait kejadian ini. KBRI Moskow masih menunggu hasil resmi dari proses penyelidikan dan otopsi. Setelah proses ini selesai, diharapkan bahwa Sertifikat Kematian resmi akan diterbitkan, kemungkinan pada Senin, 3 Juli 2023. Sertifikat Kematian ini akan menjadi dasar untuk proses kepulangan jenazah dari Moskow ke Tanah Air.

Pemerintah Provinsi Maluku, bersama dengan KBRI Moskow dan keluarga, sedang melakukan koordinasi intensif terkait rencana kepulangan jenazah ke Tanah Air dan ke Maluku. Langkah-langkah ini dilakukan sesuai dengan mekanisme dan protap yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Rusia.

Kepergian Jamal merupakan kehilangan yang besar bagi keluarga, teman-teman, dan komunitas. Dalam menghadapi kondisi yang sulit ini, kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana guna memberikan santunan kepada keluarga almarhum. Bantuan finansial ini diharapkan dapat meringankan beban yang mereka hadapi dalam menghadapi duka yang mendalam ini. Mari kita bersama-sama memberikan dukungan kepada keluarga dalam saat-saat yang berat ini.

Semoga almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kesabaran. (***)

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024