Maluku Tengah Tegang, Warga Rohua Palang Jalan

Share

AMBONKITA.COM,- Ketegangan terjadi di sejumlah kawasan di Kabupaten Maluku Tengah. Di antaranya di Kecamatan Amahai, Telutih dan Kota Masohi sejak Minggu malam hingga Senin sore (1/11/2021).

Di Kecamatan Amahai sendiri, ketegangan terjadi setelah warga Dusun Rohua Baru, Negeri Sepa, melakukan aksi palang jalan, Senin (1/11/2021).

Palang jalan dilakukan karena sejumlah tanaman umur panjang maupun umur pendek ditebang Orang Tak Dikenal (OTK). OTK diduga berasal dari Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai. Sebab, dua daerah ini memiliki persoalan tapal batas tanah.

Dari video yang beredar di sejumlah media sosial, tampak terlihat beberapa tanaman seperti pisang di tebang warga. Pohon pisang yang ditebang itu diletakan menutup badan jalan.

Warga juga terlihat memegang senjata tajam dan kayu. Mereka duduk di sejumlah ruas jalan hingga jembatan yang ada di kawasan perbatasan.

Tampak, sejumlah aparat kepolisian bersenjata lengkap juga sudah berada di tempat kejadian perkara (TKP) mengamankan wilayah perbatasan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun AmbonKita.com dari warga sekitar, menyebutkan aksi palang jalan diduga dilakukan setelah tuntutan warga Rohua tidak dikabulkan.

Warga menuntut ganti rugi atas tanaman yang ditebang OTK. Mereka menuntut ganti rugi senilai Rp 6 miliar melalui Pemerintah Negeri Sepa.

Penebangan tanaman atau pohon milik warga diduga terjadi akibat persoalan tapal batas tanah antara Dusun Rohua Baru dengan Negeri Tamilouw.

“Kalau tidak salah itu dong (mereka warga Rohua) tuntut ganti rugi melalui Pemerintah Negeri Sepa, kalau seng (tidak) salah enam miliar itu,” kata salah satu warga di sana melalui telepon genggamnya.

Karena diduga tidak ada upaya penyelesaian damai antara Pemerintah Negeri Sepa dengan Tamilouw, maka aksi palang jalan tersebut dilakukan warga.

“Rohua baru ini kan anak dusun dari Negeri Sepa. Sementara Tamilouw klaem kalau Rohua sudah masuk di perbatasannya,” kata warga yang meminta identitasnya tidak disebutkan.

Sehari sebelumnya hingga hari ini, ketegangan juga terjadi antara dua kelompok warga di Kota Masohi. Kabarnya, warga Tamilouw juga bersitegang dengan warga Kei. Penyebab pastinya seperti apa belum diketahui.

Di tempat terpisah, juga terjadi penganiayaan terhadap warga di Negeri Tehua, Kecamatan Telutih. Korban penganiayaan dari warga Wolu di kecamatan yang sama.

Lantas bagaimana penanganan, serta perkembangan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di sejumlah wilayah hukum Polres Maluku Tengah tersebut hingga saat ini belum diketahui.

Kapolres Maluku Tengah AKBP Rositah Umasugi yang dihubungi AmbonKita.com tidak merespon panggilan seluler yang dilayangkan sejak sore tadi.

Pesan singkat melalui aplikasi chat Whatsaap yang dikirim tidak dibalas. Padahal, tanda centangnya sudah berwarna biru, pertanda pesan tersebut telah dibaca.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024