Categories: DaerahkuMaluku

MTQ Siri Sori Islam II 2022 Resmi Ditutup

Share

AMBONKITA.COM,- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-II Tingkat Negeri Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah, secara resmi ditutup oleh Ketua Ikatan Keluarga Siri Sori Islam (IKASSI) Ambon, H. Rustam Holle.

Penutupan even akbar tahunan yang dilaksanakan Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Siri Sori Islam (IPPMASI) Ambon ini berlangsung di pelataran Masjid Baiturrahman Negeri Siri Sori Islam, Sabtu malam (30/4/2022).

Ketua IKKASI Ambon, dalam sambutannya memberikan catatan penting bagi seluruh masyarakat Siri Sori Islam, terkait upaya pengembalian marwah yang didapuk  menjadi tema utama MTQ yang dibuka oleh Gubernur Maluku, H. Murad Ismail pada tanggal 26 April lalu.

Pada dekade tahun 1970-an, Rustam mengaku negeri Siri Sori banyak melahirkan generasi yang mampu berkiprah dicabang Tilawatil Quran. Prestasi membanggakan ditoreh  sampai di level nasional. “Namun seiring perkembangan kiprah dan cerita kejayaan itu seperti tenggelam ditelan waktu,” ujarnya.

Baca: Kapolda Cek Kesiapan Pos PAM Mudik Lebaran di Ambon

Rustam menjelaskan, salah satu aspek mendasar yang perlu mendapat perhatian bersama selain pelaksanaan even secara berjenjang, menghidupkan rumah-rumah bacaan Alquran melalui proses pengembangan dan pembinaan, juga metode pendidian Quran yang efektif.

“Saat ini kita banyak menggunakan metode Iqra, metode ini memang efektif membuat anak cepat mengenal dan menguasai huruf hijaiyah tapi tidak bisa membuat anak membaca alquran dengan irama seperti tilawah,” jelasnya.

Untuk mendidik anak agar mampu mengenal, membaca Alquran dengan irama, kata Rustam, maka metode yang harus digunakan oleh Taman Pengajian di Negeri ini adalah Magdaliah. Yaitu proses belajar membaca Alquran dengan irama.

“Cara ini yang dulu dilakukan oleh para guru ngaji, ini menjadi catatan, untuk kita semua mengembalikan metode Magdaliah dalam pengembangan pendidikan tilawah Alquaran di negeri ini,” harapnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada IPPMASI Ambon yang telah berupaya, menggagas dan mengkoorganisir MTQ ke II Negeri Siri Sori Islam yang berlangsung sangat baik.

Ketua IPPMASSI Ambon, Wahyu Patty, mengatakan, agenda ini merupakan bagian dari program bersama organisasi dengan Al Furqan Maluku. Salah satu tujuan MTQ yang digelar yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia anak -anak negeri agar mampu memahami dan mengusai Alquran.

“Kami tentu memberi apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat negeri Siri Sori Islam, dan terutama kepada Gubernur Maluku dan jajaran pemerintah provinsi Maluku, yang telah bersedia hadir membuka even ini, dan membantu sehingga prosesi pelaksaan even ini dari awal hingga akhir bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan penutupan itu yakni Ketua IKKASI Maluku Tengah, Dr. Jar Wattiheluw, Pembina Al Furqan Maluku, Ustad Ibnu Zahir. M.Pd.

Proses penutupan MTQ, berlangsung dengan penyerahaan piala dan piagam penghargaan bagi para pemenang, dan dirangkai dengan tarian pentas hiburan anak-anak negeri sekaligus menutup ibadah Ramadahan 1443 H – 2022 M.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024