Categories: Maluku

Mudik Lebaran Aman Berkesan Siap Diwujudkan di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku menggelar rapat koordinasi lintas sektoral untuk kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah/Tahun 2023. Rakor berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Rabu (12/4/2023).

Rakor lintas sektoral dihadiri Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.

Turut hadir Danlantamal IX/Ambon, Brigjen TNI Said Latuconsina, Danlanud Pattimura Ambon, Kabinda Maluku, para stakeholder, tokoh agama, masyarakat dan para Kapolres serta Dandim di jajaran Maluku yang ikut melalui video conference.

Kapolda Maluku Lotharia Latif, dalam sambutannya mengatakan, rakor lintas sektoral yang dilaksanakan ini untuk kesiapan pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023.

Ia mengatakan, pelaksanaan rakor saat ini sebagai wujud dan merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan di tingkat Mabes Polri pada 6 April 2023.

“Di samping itu rakor ini juga sebagai wujud kesiapan baik pemerintah daerah, TNI, Polri dan instansi terkait dalam menghadapi perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah tahun 2023,” katanya.

Selain itu, rakor dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun instansi terkait. Ini dilakukan agar terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. “Sehingga terjadi kegiatan yang kondusif dan memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat, sehingga kegiatan operasi ketupat tahun 2023 dapat berjalan aman, lancar dan kondusif,” ujarnya.

BACA JUGA: Puluhan Ekor Burung Kakatua Diselundupkan di Atas Kapal Tol Laut di Dobo

Di sisi lain, Irjen Latif mengaku Polri dalam menghadapi perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, akan menggelar operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia. Yaitu Operasi Ketupat. Khusus di Maluku menggunakan sandi Operasi Ketupat Salawaku 2023.

“Operasi Ketupat Salawaku akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung dari tanggal 18 April sampai dengan tanggal 1 Mei 2023,” ungkapnya.

Untuk kesiapan operasi ketupat, mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini mengaku Polri perlu melaksanakan rapat koordinasi. Harapannya agar adanya peran semua pihak untuk bersama bekerja sesuai bidang tugas masing-masing. Ini dilakukan demi kelancaran pelaksanaan Idul Fitri, khususnya kesiapan di bidang transportasi baik itu darat, laut, dan udara; kesiapan distribusi bahan pokok; kegiatan pengamanan malam takbir dan shalat Id; serta pengamanan tempat-tempat wisata yang nantinya akan dikunjungi oleh masyarakat.

Melalui rakor, Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga berharap para instansi terkait dapat menyampaikan kesiapan-kesiapannya. Sehingga diharapkan apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi. “Sehingga pada saat pelaksanaan Idul Fitri 1444 Hijriah dapat berjalan sesuai dengan tema mudik tahun 2023 yang telah ditetapkan oleh Presiden secara nasional yaitu Mudik Aman, Berkesan,” pungkasnya.

Gubernur Maluku Murad Ismail, dalam sambutannya menyampaikan dua hal penting, diantaranya rakor lintas sektoral diharapkan menjadi tahapan untuk memastikan Polri beserta seluruh instansi terkait benar-benar siap, baik dari segi kekuatan personil, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan.

“Khusus untuk pengamanan mudik saya mintakan kepada Polri beserta seluruh jajaran, didukung TNI, instansi terkait serta komponen masyarakat lainnya untuk mengedepankan tindakan prefentif, atau pencegahan dan represif. Kami selalu siap membantu kapan saja Polri, TNI yang memerlukan bantuan atau apapun dari Pemda Maluku, kita selalu siap, sehingga Maluku bisa aman dan sejahtera,” katanya.

Lebih lanjut Murad mengatakan, dalam upaya penanganan titik-titik rawan atau daerah berpotensi konflik, Polda Maluku diharapkan dapat menggunakan pendekatan persuasif, dan informal.

“Mari kita jadikan masyarakat sebagai mitra Polri untuk mewujudkan Maluku yang aman dan damai,” pintanya.

Untuk diketahui, Rakor dipimpin Kapolda Maluku. Ia kemudian memberikan kesempatan kepada pihak terkait untuk menyampaikan kesiapannya menjelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah. Diantaranya Karo Ops Polda Maluku yang memaparkan strategi pengamanan.

Sementara dari Dinas Perindag Maluku, menyampaikan kalau stok kebutuhan pokok aman dalam menghadapi Idul Fitri. Sedangkan Dinas Perhubungan Maluku, mengaku sarana transportasi menghadapi mudik lebaran juga telah disiapkan dan aman.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024