Oknum Brimob Maluku Penembak Warga Sipil di Gunung Botak Terancam Dipecat

Share

AMBONKITA.COM,- Keluarga korban almarhum Mede Nurlatu, menuntut pelaku penembakan yang merupakan oknum anggota Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor, Bripka Andre Batawael agar dapat dipecat dan dihukum sesuai aturan yang berlaku.

Bripka Andre Batawael menembak Mede Nurlatu hingga tewas dengan tiga luka tembak di tubuhnya. Korban meregang nyawa seketika di kawasan lubang janda, area tambang emas ilegal Gunung Botak, Desa Persiapan Wamsait, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Sabtu (29/1/2022).

“Kami menginginkan agar pelaku dapat dihukum baik secara pidana maupun dapat dipecat,” pinta keluarga korban kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif yang menemui keluarga korban di Mapolres Pulau Buru, Namlea, Minggu (30/1/2022).

Menanggapi permintaan keluarga korban, Kapolda mengaku saat ini pelaku sudah ditangkap dan diamankan di teralibesi di Ambon. Pelaku dibawa ke Ambon untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Pelaku sudah dibawa ke Ambon dan telah dimasukan ke dalam sel. Kita akan proses hukum yang bersangkutan baik secara pidana maupun kode etik,” terangnya.

 

Oknum anggota Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor, Bripka Andre Batawael (Kaos hitam), yang menembak warga sipil hingga tewas di Gunung Botak, tampak digelandang menuju jeruji besi. (Foto: Humas Polda Maluku)

Proses pidana, lanjut Kapolda, saat ini telah ditangani penyidik Ditreskrimum Polda Maluku. Sementara dari sisi kode etik, juga sudah dilakukan oleh Propam Polda Maluku.

“Untuk pidananya sudah ditangani oleh Ditreskrimum, sedangkan kode etik ditangani oleh Propam Polda Maluku,” tegasnya menjawab permintaan keluarga korban.

Kapolda meminta pihak keluarga untuk mempercayakan kasus ini kepada Polri. Pihaknya akan bertindak tegas kepada setiap anggota yang menyalahi aturan hukum.

“Kita akan bertindak tegas kepada siapapun yang melakukan pelanggaran hukum. Yang tidak berdinas selama 30 hari saja kita lakukan pemecatan, apalagi yang menghilangkan nyawa orang,” tegasnya.

Baca juga: Diduga Karena Emas, Oknum Brimob Dor Warga Sipil Hingga Tewas di Gunung Botak

Baca juga: Temui Keluarga Korban Penembakan Oknum Brimob, Kapolda Maluku Ikut Belasungkawa

Baca juga: Gunung Botak Kembali Makan Korban, Warga Tolaki Ditemukan Tewas dengan Luka Bacok

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024