Categories: AmbonkuHeadline

Oknum TNI AD di Ambon Diduga Aniaya Warga

Share

AMBONKITA.COM,- Oknum TNI Angkatan Darat, Kopda Nirwan Umasugi, diduga telah melakukan penganiayaan terhadap Ayub Tatiratu, warga sipil hingga babak belur. Korban juga sempat ditodong dengan pistol dan diancam akan dibunuh.

Mirisnya, perbuatan layaknya seorang preman ini dilakukan Kopda Nirwan di dalam rumah korban, Desa Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon pada Rabu malam (27/3/2024) sekira pukul 18.30 WIT.

Tak hanya Kopda Nirwan, korban juga dihajar oleh rekan-rekannya yang lain sambil disaksikan oleh orang ibunya yang berteriak histeris.

Kakak korban, Reyn Tatiratu, mengungkapkan, kasus penganiayaan berawal dari lokasi kost Hitimala milik Abu. Abu merupakan mertua dari Kopda Nirwan. Lokasi ini diduga kerap dijadikan sekelompok pemuda sebagai tempat mengkonsumsi minuman keras.

Pada Selasa, 26 Maret 2024, sekelompok pemuda mengkonsumsi miras. Mereka berbuat kegaduhan sambil mengeluarkan kata-kata kotor.

Merasa terganggu dan ibunya sedang sakit, korban kemudian keluar dan menegur mereka secara baik-baik. Korban berharap agar mereka tidak ribut di depan rumah korban.

BACA JUGA: DPRD Maluku Usulkan ke Kemenhub RI agar Lintasan Kapal Feri ke MBD Kembali Dibuka

“Saat ditegur, mereka tidak ambil baik, sehingga persoalan ini dibawa ke Polsek Teluk Ambon untuk diselesaikan dan kedua belah pihak juga sudah buat surat pernyataan,” ungkap Reyn pada Kamis (28/3/2024).

Perkara sebelumnya telah diselesaikan secara kekeluargaan. Namun, entah mengapa, pada keesokan harinya, Kopda Nirwan yang diduga baru mengetahui persoalan itu datang ke rumah korban. Ia datang bersama belasan teman-temannya, warga sipil. Satu diantaranya diduga juga sebagai anggota TNI AD.

Kedatangan Kopda Nirwan diterima hangat oleh ibu korban, Anneke Susan Nikijuluw. Mereka malah disuruh masuk ke dalam rumah. Sesampainya di dalam rumah, Kopda Nirwan yang melihat korban sementara duduk langsung menghampirinya. Pelaku langsung menganiaya korban sambil diikuti oleh rekan-rekannya yang lain.

Dikeroyok, korban bersimbah darah. Hidung dan mulut korban terluka robek dan mengeluarkan darah.

Diduga belum puas melihat korban dikeroyok, Kopda Nirwan juga mencabut pistolnya. Korban ditodong sambil diancam pelaku. “Pelaku sempat menodong korban dengan pistol dan mengeluarkan kata ancaman akan membunuhnya,” tambahnya.

Usai mengeroyok dan mengancam korban, pelaku dan rekan-rekannya langsung pergi dari rumah. Sementara pihak keluarga korban tidak terima dan membawa perkara ini ke ranah hukum.

“Kita tidak mau atur damai, kita mau proses hukum sampai tuntas karena mereka datang aniaya adik saya di dalam rumah. Visum juga sudah keluar, hasilnya, lengan sebelah kanan korban terlepas dari sendi bahu, serta luka dibagian wajah dan sekujur tubuh lainnya,” katanya.

Terpisah, Kapolsek Teluk Ambon Iptu M.I Fikri yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Namun dirinya meminta agar persoalan ini dikonfirmasi ke Pomdam XVI/Pattimura.

“Nanti konfirmasi langsung saja ke Pomdam ya,” singkat Fikri.

Terpisah, Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh. Agung Sinaring M, menyampaikan bahwa kasus dugaan penganiyaan tersebut masih dalam penyelidikan.

“Kasus masih dalam penyelidikan untuk mencari fakta dan bukti yang benar agar lebih mendalam,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024