Categories: DaerahkuEkonomiMaluku

Panen Raya, Gubernur Harap Seram Utara Jadi Sentra Produksi Beras

Share

AMBONKITA.COM,- Gubernur Maluku Murad Ismail berharap kawasan Seram Utara jadi salah satu sentra produksi beras yang potensial di provinsi Maluku.

Hal itu disampaikan saat melakukan panen raya padi di lahan seluas 1.816 hektar di Desa Wai Asih, Kobisonta, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (10/3/2022).

Selain panen raya, Gubernur Murad juga mencanangkan Indeks Pertanaman (IP) tipe 400 seluas 2.250 hektar, sebagai upaya peningkatan produksi beras di Maluku.

Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para kelompok tani dan penyuluh yang telah bekerja keras dalam meningkatkan produktivitas padi, sehingga mengurangi ketergantungan pasokan beras dari luar Maluku.

“Kami berharap kawasan Seram Utara dapat menjadi salah satu sentra produksi beras yang potensial di wilayah Maluku,” pintanya.

Dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah, provinsi Maluku, lanjut Murad, telah menyiapkan sejumlah program strategis. Diantaranya peningkatan IP 400, integrasi pertanian melalui program Maluku Integration Farming (MIF). Program ini kolaborasi peternakan dengan tanaman pangan perkebunan dan hortikultura.
Program strategis lainnya yaitu mengoptimalkan peran komando strategis pembangunan pertanian di daerah dan kecamatan, peningkatan realisasi KUR bagi petani, cakupan asuransi usaha tani padi dan usaha ternak sapi serta mendorong pembentukan korporasi petani.

Murad juga berharap Dinas Pertanian Provinsi Maluku selaku dinas teknis dapat melakukan pendampingan terhadap kelompok tani binaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani.

Selain menghadiri panen raya, Murad juga menyerahkan sejumlah bantuan bagi petani untuk perluasan tanaman pala seluas 100 hektar, rehabilitasi tanaman cengkeh 100 hektar, paket bibit sayur, alat pengolahan sagu 1 unit, 6 unit mesin cocofiber, benih padi dan pupuk NPK sebanyak 44 ton.

Bantuan lainnya yang diserahkan Murad yaitu berupa modal usaha bagi 425 wirausaha pemula. Bantuan juga diberikan bagi rumah ibadah yakni Masjid Baitul Makmur dan Gereja Imanuel, serta 600 paket makanan tambahan bagi anak.

Untuk diketahui, saat panen raya berlangsung, Gubernur didampingi isterinya Widya Pratiwi Murad Ismail, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Sekda Maluku Tengah dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemprov dan Kabupaten Maluku Tengah.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024