Pastikan Masyarakat Terlayani Baik, Kapolda Kembali Cek Pos PAM Lebaran di Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, kembali memantau kesiapan personel di sejumlah Pos Pelayanan dan Pengamanan arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Ambon, Sabtu (30/4/2022).

Selain memantau kesiapan personel pengamanan yang tergabung dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Angkasa Pura, Basarnas dan lainnya di setiap pos yang dikunjungi, Kapolda juga memberikan bantuan berupa paketan sembako.

Kunjungan pertama dilakukan Kapolda yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku serta Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, di Pos PAM Jembatan Merah Putih, Kawasan Poka, Kota Ambon. Ia melihat kesiapan personel dalam pengamanan lebaran termasuk malam takbiran nanti.

Dari Poka, Kapolda dan rombongan kembali bergerak meninjau kesiapan Pos PAM Bandara Pattimura Ambon. Kapolda disambut Danlanud Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo. Mereka kemudian bersama meninjau arus mudik di Bandara Pattimura Ambon.

Saat meninjau area keberangkatan di Bandara Pattimura, Kapolda tampak berbincang dengan sejumlah calon penumpang, dan petugas Angkasa Pura.

“Hari ini kita bersama Lanud Pattimura dan Angkasa Pura bersama-sama melakukan pengecekan dan pelayanan masyarakat yang udik tahun 2002 ini,” kata Kapolda yang didampingi Danlanud Pattimura dan GM Angkasa Pura.

Sejauh ini pelaksanaan kegiatan berjalan aman kondusif dan lancar, juga tidak ditemukan hal-hal yang menonjol.

“Informasi dari pengelola dan dari Lanud juga saya lihat seluruh personilnya dilibatkan dalam pengamanan khususnya di bandara ini,” katanya.

Kapolda mengaku terus menghimbau masyarakat untuk bisa melaksanakan kegiatan mudik dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku.

“Kami terus menghimbau masyarakat untuk tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, jangan lupa pakai masker, menjaga jarak dan sebagainya dan ketentuan persyaratan-persyaratan yang lain,” pintanya.

Kapolda mengaku mendapat laporan dari Danlanud Pattimura bahwa pihaknya juga menyiapkan vaksinasi kepada masyarakat yang belum mengikutinya baik vaksin dosis satu, dua dan booster.

“Jadi masyarakat yang belum tervaksin bisa memanfaatkan, ini hal yang positif dan baik, terus kami berharap pelayanan ini dipertahankan bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Baca: Kapolda Cek Kesiapan Pos PAM Mudik Lebaran di Ambon

Selain memperhatikan prokes, Kapolda juga mengingatkan masyarakat yang melaksanakan mudik agar dapat menyesuaikan waktu dan jadwal keberangkatan, sehingga tidak tertinggal.

“Kemarin saya cek di pelabuhan dan hari ini bandara semuanya dapat berjalan sesuai perencanaan dan juga petugas semua untuk kita fokus sampai selesai operasi, jadi tidak hanya pada saat layanan mudik nanti pelayanan kembali masyarakat mudik ini juga harus kita maksimalkan sampai selesainya operasi Ketupat tahun 2022,” pintanya.

Sementara itu, GM Angkasa Pura, Pribadi Maulana, mengaku sejak Pemerintah mengijinkan mudik dengan berbagai persyaratan, pihaknya telah siap dengan kapasitas terminal yang meningkat hingga mencapai 160 persen.

“Jadi kalau ada lonjakan mudik, Alhamdulillah masih bisa dipantau. Kita juga sudah bersinergi dengan TNI, Kepolisian, Basarnas dan lain-lain apabila ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Dan sampai saat ini Alhamdulillah semuanya berjalan aman dan lancar,” jelasnya.

Dibanding tahun sebelumnya, Pribadi mengaku kali ini lonjakan mudik mengalami peningkatan hingga mencapai 10 kali lipat atau sekitar 938 persen.

“Jadi setiap hari ini itu penumpang sekitar 3500 perhari. Pesawat pulang pergi sekitar 50 pesawat. Kargo juga cukup meningkat sekitar 17.000 ton,” pungkasnya.

Usai memantau Pos Pengamanan dan arus mudik, Kapolda dan rombongan yang diantaranya terdapat pihak Jasa Raharja melanjutkan pemantauan ke Pelabuhan Penyeberangan Ferry Hunimua, Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kapolda tampak melihat pos pengamanan dan pelayanan Kesehatan dari Puskesmas Waai. Ia juga melihat kondisi KMP Inelika yang akan menyeberang ke Waipirit, sambil berbincang dengan sejumlah penumpang di lantai dua Ferry tersebut.

Dari Pelabuhan penyeberangan Hunimua, Kapolda juga memantau situasi arus mudik di Pelabuhan Hurnala, Negeri Tulehu. Ia juga sempat mengecek kondisi Kapal Cepat Express Priscillia 99 yang akan berangkat ke Amahai. Ia juga sempat berbincang dengan para calon penumpang.

Tak sampai disitu saja, Kapolda juga meninjau pos Pengamanan dari Ditpolairud Polda Maluku di dermaga Hurnala. Ia pun memeriksa sejumlah peralatan operasi yang digunakan.

Dari Tulehu, Kapolda juga mengecek pos PAM terakhir yang ditinjau hari ini yakni di Ambon City Center (ACC) bilangan Passo, Kota Ambon.

“Intinya kami ingin masyarakat terlayani dengan baik, sehingga mereka dapat melaksanakan mudik dengan aman dan sehat,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024