Categories: Ambonku

Pegawai Disperindag Ditemukan Tewas Tenggelam di Pantai Hukurila Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Fictorio Ferdinando de Fretes, pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ditemukan tewas di pantai Halmekuang, Negeri Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Sabtu malam (22/1/2022).

Pemuda 35 tahun itu ditemukan tenggelam setelah menyelam untuk memanah ikan di pantai tersebut. Ia ditemukan masyarakat setempat pada pukul 21.15 WIT, dan hingga kini penyebabnya belum diketahui.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Izaac Leatemia, mengungkapkan, berdasarkan keterangan saksi La Gundu, rekan korban sesama pegawai negeri sipil di Disperindag Maluku, mengaku mereka sebelumnya melakukan penyelaman untuk memanah ikan.

“Awalnya saksi dan korban berangkat ke Hukurila untuk panah ikan di pantai Halmekuang. Mereka tiba pukul 12.00 WIT,” kata Izaac kepada AmbonKita.com, Minggu (23/1/2022).

Di pantai tersebut, saksi dan korban melakukan penyelaman untuk memanah ikan. Hingga pukul 14.30 WIT, mereka kembali ke pesisir pantai untuk membakar ikan hasil tangkapan.

“Setelah selesai bakar ikan korban dan saksi duduk ngobrol di pesisir pantai. Dan pukul 16.15 WIT, korban kembali melakukan penyelaman (panah Ikan),” ungkapnya.

Hingga pukul 18.30 WIT, korban tak kunjung kembali ke pesisir pantai. Saksi yang khawatir kemudian menghubungi salah satu warga Hukurila, Welhemus de Fretes, paman korban melalui telepon genggamnya.

“Saksi lalu memberitahukan kejadian itu.  Setelah mendapat informasi tersebut Welhemus de Fretes menuju TKP (Tempat Kejadian Perkara) guna mencari korban sampai pukul 20.00 WIT, tapi tidak ditemukan,” terangnya.

Karena belum ditemukan, paman korban kemudian menghubungi kepala Kewang Hukurila untuk meberitahukan kejadian tersebut.

Mandapat kabar itu, kepala Kewang menghubungi Sekertaris Negeri Hukurila, agar memberikan pengumuman terkait kejadian tersebut melalui pengeras suara, serta meminta bantuan dari warga setempat.

“Setelah mendengar pengumuman tersebut masyarakat Hukurila dengan menggunakan bodi tuna mencari korban diseputaran tempat korban melakukan penyelaman. Sekitar pukul 21.15 WIT, korban lalu ditemukan dan dilarikan ke rumah paman korban,” jelasnya.

Tak lama berselang, korban kemudian dievakuasi ke rumah duka yang berada di Kudamati.

“Untuk kematian korban dari pihak keluarga telah mengikhlaskan dan tidak mau untuk dilakukan otopsi. Kemudian dari Polsek Leitimur meminta keluarga untuk membuat surat penolakan otopsi,” pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024

Kapolda Ingatkan Personel Tingkatkan Soliditas Internal dan Sinergisitas Instansi Terkait

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kembali mengingatkan personel untuk terus meningkatkan pelayanan masyarakat,…

05/06/2024

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024