Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Pelaku Bentrok yang Memanah Pemuda Tulehu hingga Tewas Diserahkan Keluarga ke Polisi

Share

AMBONKITA.COM,- Pelarian MUN, pelaku yang memanah Muhamad Jidan Ohorela alias Jipa hingga tewas, berakhir. Pria 29 tahun ini diserahkan pihak keluarga sendiri kepada aparat kepolisian.

MUN melancarkan serangan kepada Jipa saat konflik pecah antara sekelompok pemuda dari kompleks kampung lama dan kampung baru Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (26/2/2023) dini hari lalu.

Diserahkan pihak keluarga pada Rabu (8/3/2023) lalu, MUN kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia juga sudah dijerumuskan ke dalam rumah tahanan.

Tersangka MUN dijerat menggunakan Pasal 351 ayat (3) KUHPidana. Pasal ini berbunyi “Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.”

“Yang bersangkutan sudah resmi ditetapkan tersangka dan dijebloskan ke penjara. Dia dijerat dengan pasal 351 ayat (3) KUHPidana,” kata PS Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Moyo Utomo kepada wartawan, Rabu (15/3/2023).

BACA JUGA: Polisi Ringkus Pelaku Pembacokan di Tulehu

Identitas MUN terungkap setelah penyidik memeriksa 5 orang saksi. Para saksi yang diperiksa merupakan orang-orang yang mengetahui, bahkan melihat MUN membawa serta melepaskan anak panah mengarah ke korban saat terjadi bentrokan sekira pukul 03.00 WIT.

Setelah cukup bukti, aparat Polsek Salahutu dan Polresta Ambon kemudian melakukan upaya penangkapan secara persuasif. Aparat kepolisian berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk menyerahkan tersangka MUN secara baik-baik.

“Tersangka diserahkan oleh pihak keluarganya pada tanggal 8 Maret kemarin. Tersangka sudah diamankan,” kata mantan Wakapolsek Leihitu ini.

Selain tersangka, tim penyidik juga mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti masing-masing satu anak panah wayer, baju kaos oblong warna hitam dalam keadaan sobek, dan baju switer warna loreng dalam keadaan sobek.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024