Categories: AmbonkuPolitik

Pemilu 2024, Bawaslu Maluku: Media Diharapkan Jadi Pilar untuk Menguatkan Penyelenggara

Share

AMBONKITA.COM,- Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair, berharap media massa selain dapat mensukseskan Pemilu 2024 juga menjadi pilar yang bisa menguatkan penyelenggara.

Hal itu disampaikan saat Bawaslu Maluku melakukan penandatangan kerja sama dengan media massa melalui organisasi profesi seperti AJI Ambon dan IJTI Maluku, Rabu (22/11/2023).

Kerja sama yang dilakukan untuk meningkatkan pengawasan partisipatif Pemilu ini juga dilakukan dengan KPID Maluku, sejumlah organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, dan partai politik.

Ketua Bawaslu Maluku, Subair, saat memberikan keterangan pers di Ambon, Rabu (22/11/2023). (Foto: AmbonKita.com)

“Secara umum ada tiga peran media dalam mensukseskan Pemilu, sebagai penyampai informasi, sebagai media pendidikan politik masyarakat, sebagai penangkal hoax dan saya menambahkan media diharapkan bisa menjadi salah satu sebagai pilar yang bisa menguatkan penyelenggara (Pemilu 2024),” kata Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair.

 

BACA JUGA: Pemilu 2024 Damai, Kapolda Maluku Ajak KPU dan Bawaslu Kerja Profesional

Dalam pelaksanaan pesta demokrasi, Subair mengaku kepercayaan publik terhadap penyelenggara sangat penting. “Jika penyelenggara dipercaya oleh peserta dan pemilih serta stakeholder dan semua orang saya yakin masalah-masalah yang muncul dalam pemilihan umum itu bisa diselesaikan dengan baik,” harapnya.

Dengan demikian, peran media sangat diperlukan untuk mendukung kerja-kerja penyelenggara Pemilu 2024, mengingat pentingnya kepercayaan publik terhadap penyelenggara (KPU dan Bawaslu).

“Mudah-mudahan media dalam menyampaikan informasi terkait dengan pemilu dan ketika ada kaitannya dengan penyelenggara maka ada kebijaksanaan di situ, ada konfirmasi terlebih dahulu,” harapnya.

Subair menyampaikan, penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu adalah orang biasa. Perlu adanya penguatan agar mereka dapat menjadi orang-orang yang luar biasa, mengingat adanya beban dan tanggung jawab besar yang diberikan oleh negara.

“Saya berharap ada dukungan dari media massa, karena hari ini publik sangat gampang bisa dipengaruhi oleh pemberitaan dari media, media bisa menggiring opini publik di mana pun, dan saya berharap giringan opini ini dilakukan ke arah yang lebih baik, ke arah yang bisa menguatkan kelembagaan negara,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024